Sabtu, 28 Oktober 2017

Pada Puncak Peringatan Bulan Bahasa dan Sastra 2017, Mendikbud Luncurkan Produk Badan Bahasa

Pada Puncak Peringatan Bulan Bahasa dan Sastra 2017, Mendikbud Luncurkan Produk Badan Bahasa
Menteri Pendidikan serta Kebudayaan (Mendikbud), Muhadjir Effendy meluncurkan product Badan Bhs pada Puncak Peringatan Bln. Bhs serta Sastra 2017 di Plaza Insan Berprestasi, Gedung Ki Hajar Dewantara, Kementerian Pendidikan serta Kebudayaan, Jakarta, Sabtu (28/10). Prosesi peluncuran diikuti dengan penekanan tombol yang didampingi Kepala Badan Pengembangan serta Pembinaan Bhs, Dadang Sunendar, dan Duta Baca Indonesia, Najwa Shihab. 

Product Badan Bhs yang di luncurkan itu yaitu buku Sastrawan Berkarya, Peta Bhs, Laboratorium Kebinekaan, buku BIPA, data bhs daerah. Dalam peluang yang sama, Mendikbud juga mencanangkan Pergerakan Literasi Nasional (GLN) yang diikuti dengan peluncuran maskot serta logo GLN, sepuluh naskah GLN, enam situs info literasi basic, buku literasi GLN, serta situs GLN dengan alamat gln. kemdikbud. go. id. 

Pencanangan GLN sekalian peluncuran product Badan Bhs adalah prinsip pemerintah untuk menumbuhkan budaya literasi di Indonesia makin meluas serta berkwalitas. Dalam sambutannya, Mendikbud menjelaskan perlunya satu negara mempunyai budaya literasi yang baik. “Gerakan Literasi Nasional selalu kita kumandangkan, selalu kita gerakkan, selalu kita kobarkan, supaya dapat jadi landasan paling utama untuk Indonesia menuju bangsa yang maju. Karna ciri negara yang maju yaitu begitu kuat serta kuat dalam membuat kebiasaan literasinya, ” papar bekas Rektor Kampus Muhammadiyah Malang ini. 

Mendikbud mengatakan, beragam riset, terlebih yang dikerjakan instansi internasional tunjukkan, tempat Indonesia untuk hal kekuatan literasi masih tetap termasuk rendah. Bahkan juga, lanjut Mendikbud, ada yang ekstrim mengatakan kalau Indonesia terlambat 45 th. di banding negara-negara beda yang telah maju. “Benar-salahnya (riset itu), tak perlu kita persoalkan. Kita menjadikan ini untuk kita lebih terpacu menggerakkan, kobarkan semangat berliterasi lewat Pergerakan Literasi Nasional, ” paparnya. 

Peringatan Bln. Bhs serta Sastra yang jatuh pada Oktober tiap-tiap tahunnya ini berisi beberapa aktivitas animo bhs serta sastra. Pada Puncak Peringatan Bln. Bhs serta Sastra 2017 ini, beberapa pemenang serta peraih penghargaan aktivitas animo bhs serta sastra itu didatangkan untuk terima animo segera dari Mendikbud.

Sumber: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar