Rabu, 02 September 2020

Sekolah Itu Rumah Ibadah


Oleh : Dudung Nurullah Koswara
(Kepala SMAN1 Parungpanjang)

Surat Al-Mujadalah ayat 11 yang artinya : “Allah akan mengangkat derajat orang beriman dan yang berilmu dengan beberapa derajat.“ Hadits Nabi pun mengatakan, “Mencari Ilmu itu wajib bagi orang Islam laki-laki dan perempuan.” Menuntut ilmu identik di lembaga pendidikan. Menuntut ilmu adalah perintah Tuhan! 

Tempat atau bangunan dimana biasa  dilakukan ritual saja disebut rumah ibadah.   Padahal rumah ibadah itu identik dengan  dominasi ritual. Nah ada satu bangunan dan tempat yang sangat multi fungsi. Tiada lain adalah  bangunan atau sekolah. Di sekolah itu ritual bisa dilaksanakan. Menuntut ilmu bisa dilakkukan. Sejumlah aktivitas ibadah pun banyak dilakukan di sekolah.

Sekolah adalah rumah ibadah yang sangat lengkap.  Bahkan di setiap sekolahan ada berbagai fasilitas, mulai dari bangunan tempat ritual sampai bangunan tempat praktek ilmu pengetahuan. Sungguh sangat strategis sebuah sekolah dalam peradaban manusia. Sekolah benar-benar mampu menjadi rumah ibadah yang sesuai tuntutan Tuhan di atas.

Sekolah adalah pusat  layanan pendidikan,  dimana iman dan ilmu dipelajari, didalami dan dipraktekan. Sekolah benar-benar mampu menjadi rumah ibadah pendidikan. Sekolah sangat sakral bahkan dibanding rumah ibadah yang hanya sebatas ritual bahkan dijadikan ajang provokasi atau kepentingan politik jamaah tertentu. 

Sekolah adalah tempat ibadah menuntut ilmu terkait pentingnya menjungjung tinggi harkat martabat manusia. Pentingnya toleransi dan penghargaan pada keberbedaan SARA. Pentingnya ilmu pengetahuan dan teknologi. Pentingnya berkarakter dengan menguatkan integritas dan dedikasi pada bangsa dan negara. Bukan hanya pada sekte atau aliran tertentu.

Dunia tanpa sekolah akan binasa. Mengapa? Karena kebudayaan manusia identik dibentuk diantaranya sangat efektif melalui sekolahan.  Bersekolah pun seseorang bisa melakukan kejahatan. Apalagi bila tidak sekolah.  Bersekolah intinya adalah belajar dan meningkatkan kemanusiaan diri.  Bersekolah adalah beribadah pada Tuhan.

Karena sekolah kita lebih mengenal diri, mengenal Tuhan dan mengenal bagaimana kita seharusnya berkehidupan.   Sekolah itu untuk menuntut ilmu. Menuntut ilmu itu adalah wajib dan sangat menentukan derajat kemakhlukan manusia. Binatang itu tidak menuntut ilmu. Jin dan Malaikat pun tidak sekolah dan tidak mendapatkan ijazah. Hanya manusia yang bersekolah. 

Imam An Nawawi dalam kitab Al Majmu' Syarh Al Muhadzdzab mengkaji persoalan pentingnya menuntut ilmu dibanding ibadah sunah.  Dalam pandangan Imam An Nawawi, menuntut ilmu lebih baik dari ibadah sunah baik sholat maupun puasa. Imam An Nawawi menukil riwayat Khatib Al Baghdadi mengenai keutamaan menuntut ilmu. Apalagi jika dibandingkan dengan ibadah yang hanya bermanfaat bagi orang yang mengerjakannya saja.

Menuntut ilmu itu wajib. Amalan sunah ya sunah, tidak wajib!  Bahkan orang melakukan ritual tanpa ilmu hanya ikut-ikutan apa bedanya dengan senam  dan menari?  Dengan berilmu maka setiap ibadah, amalan dan giat kita akan menjadi ladang amal yang wow dan bernilai tinggi. Para guru yang bekerja di dunia sekolah atau dunia pendidikan sungguh adalah para ahli ibadah. Mengapa? Karena sekolah adalah rumah ibadah terbaik.

Dunia SMK


Jangan sampai ada guru yang ritualnya baik, taat,  disiplin bahkan fanatik tapi ngajar dan mendidik anak didiknya males-males. Ini lahir dari pemahaman yang sempit. Padahal mendidik, mengajar keterampilan,  kejujuran dan bagaimana menjadi manusia seutuhnya jauh lebih penting dari ritual pribadi yang hanya untuk kepentingan pribadi. Menjadi guru adalah menjadi ahli ibadah terbaik! Bahkan menjadi kepala sekolah adalah menjadi imam di rumah ibadah pendidikan.

0 komentar:

Posting Komentar