Senin, 07 Agustus 2017

Tips Bersedekah di Tanah Suci


 Seperti juga salat, sedekah atau melakukan kebaikan lain di Mekah al Mukaramah akan mendapat 100 ribu balasan dari Allah. Khusus untuk bersedekah, jangan harap Anda bisa menemukan kotak amal di Masjidil Haram atau masjid-masjid lain.

Lalu, bagaimana cara bersedekah di Tanah Suci, sedangkan pengelola Masjidil Haram tidak menyediakan kotak infaq di dalam masjid.


 
Ini tips bersedekah di Tanah Suci:

1.  Salurkan melalui lembaga penyalur zakat, infaq, dan sedekah

Bila ingin bersedekah dalam jumlah banyak. Anda bisa mendatangi lembaga penyalur zakat, infaq, dan sedekah di sekitar Masjidil Haram dan Masjid Nabawi. Lembaga ini juga ada di sekitar pusat perbelanjaan. Anda cukup ambil dan mengisi formulir dan menyerahkan uang yang disedekahkan.

2. Berikan sedekah melalui kedai fisabilillah

Cara lain adalah memberikan uang kepada kafe atau kedai untuk dibuatkan sejumlah porsi makanan dan minta penjaga kedai membagikan kepada fakir miskin. Di Mekah, seperti di lantai dasar pusat perbelanjaan, banyak kafetaria yang membuka jasa ini dan mereka bahkan memasang pengumuman di depan toko.

3. Hidangkan teh atau makanan

Anda cukup membeli termos dan gelas plastik di supermarket lalu membagikan di halaman Masjidil Haram. Sedekah seperti ini banyak dilakukan pada hari puasa sunah seperti Senin dan Kamis.

4. Mengambil Air Zam-zam

Sedekah cara ini bisa dilakukan dengan berdiam di sekitar keran air zam-zam dan membantu mengambilkan air untuk orang yang akan minum.

5. Membagi Parfum

Hanya dengan bermodalkan sebotol parfum kecil dan berdiri di depan pintu masjid, Anda bisa berbagi parfum kepada jemaah yang akan masuk masjid.

Keutamaan Bersedekah:

1. Sedekah dapat menghapus dosa
2. Memperoleh naungan di hari akhir
3. Memberi keberkahan untuk harta
4. Melipatgandakan pahala
5. Membukakan pintu menuju surga
6. Menjadi bukti keimanan seseorang
7. Membebaskan dari siksa kubur
8. Mencegah dari berbuat maksiat dalam jual beli
9. Sedekah membuat Anda bahagia

Lokasi ibadah lempar jumrah di Mina, Mekah, menjadi titik paling padat di puncak perayaan Idul Adha. Tapi, lokasi tersebut kosong melompong sebelum kedatangan 2 juta jamaah haji. Lihat kondisinya di laporan khusus VIVA.co.id dari Tanah Suci di sini.

Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar