Kamis, 26 Januari 2017

Tips Mengatasi Gugup Saat Sidang PKL

 
1.Tersenyum

Tersenyum adalah panduan 1 detik bila anda terasa gugup serta tidak yakin diri. Anda bukan sekedar tersenyum bila anda terasa suka serta yakin diri, demikian sebaliknya anda dapat tersenyum untuk buat diri anda terasa tambah baik. Tersenyum terkait erat dengan perasaan positif hingga nyaris mustahil anda terasa tidak enak saat anda tersenyum.

Tersenyum lebih dari sebatas tunjukkan ekspresi di wajah anda. Tersenyum melepas hormon endorphin yang buat anda terasa tambah baik, tingkatkan aliran darah di muka anda, buat anda terasa nyaman dengan diri anda sendiri serta pastinya bisa tingkatkan rasa yakin diri anda. Anda akan terlihat lebih yakin diri dihadapan orang yang lain saat anda tersenyum.

2. Tatap Mata Lawan Bicara Anda

Sama seperti dengan tersenyum, tataplah mata kebanyakan orang didalam ruang. Beri senyum anda serta bisa di pastikan mereka juga akan membalas senyuman anda ; serta senyum yang didapatkan orang yang lain bisa tingkatkan rasa yakin diri anda secara cepat. Sama seperti dengan tersenyum, kontak mata tunjukkan kalau anda yakin diri. Memandang sepatu anda atau meja mendorong perasaan anda jadi bebrapa sangsi serta malu. Panduan ini begitu bermanfaat untuk kondisi kerja ; buat kontak mata dengan orang yang wawancarai anda, atau beberapa orang yang menghadiri presentasi anda.

“Kontak mata menolong anda untuk menyingkirkan rasa takut bila anda tengah bicara dimuka umum serta makin mendekatkan anda dengan lawan bicara anda. Stress adalah perasaan yang datang dari suatu hal yang asing serta tidak bisa dikendalikan. Kontak mata memberi pembicara deskripsi dari fakta yg tidak beda yaitu lawan bicara tersebut. Kontak mata juga menolong menarik ketertarikan lawan bicara anda. ” (Confident Eye Kontak, Unlimited Confidence)

3. Gantilah Nada Dalam Diri Anda

Umumnya dari kita mempunyai nada dalam diri yang menyebutkan kalau kita bodoh, kurang dapat, sangat gendut, kurus, berisik, pendiam, dan lain-lain. Kekuatan mengubah nada didalam diri anda adalah kunci untuk peroleh keyakinan diri dari dalam. Buat nada dalam diri anda jadi rekan pendukung yang paling mengetahui anda serta ketahui bakat anda, dan inginkan anda untuk menjangkau yang paling baik.

4. Lupakan Standard Yang Diputuskan Orang Lain

Lepas dari kondisi yang buat anda alami krisis yakin diri, anda dapat menolong diri anda sendiri dengan berdasar pada standard yang anda punyai. Orang yang lain mempunyai nilai yang berlainan dengan anda, serta sekeras apapun anda coba, anda tidak sempat dapat memuaskan kebanyakan orang setiap waktu. Janganlah cemas bila beberapa orang mengatakan anda gendut, kurus, pemalas, menjemukan, pelit, konyol, dan lain-lain.. Bertahanlah pada standard yang anda punyai, bukanlah pada standard yang dipunyai orang yang lain. Ingat-ingatlah nilai-nilai serta beberapa standard yang dipunyai biasanya berlainan dalam orang-orang ; anda tidak mesti terima nilai serta standard itu cuma karna beberapa orang di sekitaran anda menerimanya.

5. Tampillah Serapih Mungkin

Walau anda cuma mempunyai sedikit saat, pergilah ke kamar mandi untuk meyakinkan anda tampak rapi. Sisirlah rambut anda, cuci muka anda, perbaiki riasan muka anda, luruskan kerah anda, yakinkan tak ada sisa makanan pada gigi anda. Semuanya hal semacam ini bisa buat ketidaksamaan pada rasa yakin diri pada tampilan anda serta rasa takut anda pada tampilan anda.

”Sempurnakan tampilan fisik anda ; telah adalah kenyataan kalau tampilan seorang memainkan peran perlu dalam membuat rasa yakin diri. Walau kita ketahui apa yang kita punyai dalam diri kitalah yang perlu, tampilan fisik anda memastikan impresi orang pada diri anda. ” (Building Blocks to Self-Confidence, Complete Wellbeing)

6. Berdoalah Atau Bermeditasi Sejenak

Bila anda yakin pada Yang Maha Kuasa, mengatakan doa dapat tingkatkan rasa yakin diri anda (anda dapat juga lakukan meditasi terkecuali berdoa). Langkah ini menolong anda untuk mundur sebentar dari kondisi yang serba cepat serta mencari pertolongan dari Yang Maha Kuasa. Tersebut disini satu contoh doa, tetapi anda dapat menulis hal sama yang sesuai sama agama atau keyakinan anda :

“Ya Tuhan, terima kasih karna Kau sudah menyukai serta menerimaku apa yang ada.. bantulah saya untuk lakukan hal yang sama.. serta bantulah saya untuk tumbuh jadi sesuai sama kehendakMu hingga rasa yakin diriku juga akan jadi bertambah ; semua untuk keagungan namaMu serta bukanlah namaku. Terima kasih karna Engkau sudah dengarkan serta menjawab doaku. Amin. ” (Daily Encounter, Strengthen Your Self-Confidence, Acts International)

7. Reka Ulang

Bila suatu hal berlangsung di luar sangkaan anda, hal semacam ini cukup gampang menggoyahkan rasa yakin diri anda. Mungkin saja anda menumpahkan minuman anda, terlambat ada di satu pertemuan perlu karna macet, atau seorang yang menginginkan anda ajak bicara memberi respon dingin. Coba untuk “mereka ulang” kondisi itu serta letakkan pada kondisi yang lebih positif. Sering satu peristiwa jadi negatif karna persepsi kita sendiri.

8. Tetapkan Langkah Anda Selanjutnya

Bila anda tidak percaya dengan apa yang perlu anda kerjakan, dapatkan satu langkah sederhana yang dapat menolong anda untuk selalu maju. Hal semacam ini mungkin saja saja dapat dikerjakan dengan lakukan kontak mata pada suatu pesta, mengenalkan diri anda pada seorang asing, memecahkan kebekuan dalam satu rapat, atau bertanya orang yang wawancarai anda untuk tunjukkan pengetahuan anda pada industri serta perusahaan mereka.

Awalilah melakukan tindakan walau anda tidak mempunyai deskripsi yang pasti tentang apa yang semestinya anda kerjakan. Bergeraklah menuju tujuan anda. Koreksi diri anda di lain waktu.

9. Bicaralah Perlahan

Satu panduan sederhana supaya anda tampak atau jadi lebih yakin diri yaitu dengan bicara perlahan-lahan. Bila anda bicara sangat cepat, anda juga akan terasa tidak enak karna anda sadar anda bicara sangat cepat. Bicara perlahan-lahan berikan anda peluang untuk pikirkan apa yang anda juga akan katakan setelah itu. Bila anda tengah bicara atau lakukan presentasi, berhentilah sebentar pada akhir satu frase atau kalimat untuk menolong orang yang lain mengolah apa yang anda katakan.

Bicara perlahan-lahan tunjukkan keyakinan diri seorang. Seorang yang terasa tidak layak didengarkan juga akan bicara secara cepat, karna ia tidak ingin buat orang yang lain menanti beberapa hal yg tidak layak didengarkan.

10. Turut Ambillah Bagian

Sempatkah anda duduk sepanjang hari didalam kelas atau di satu rapat tanpa ada mengatakan satu patah kata juga? Sempatkah anda pergi dengan rekan-rekan anda pada malam hari di mana rekan-rekan anda terlibat perbincangan dengan senang sesaat anda cuma duduk serta memandang minuman anda? Peluang yang berlangsung yaitu anda terasa tidaklah terlalu yakin diri ketika itu – serta mungkin saja saja anda juga akan terasa lebih tidak enak setelah malam itu. Apa pun kondisi anda, berusahalah untuk turut ambillah sisi. Walau anda terasa sedikit yang dapat anda katakan, fikiran serta perspektif anda begitu bernilai untuk beberapa orang di sekitaran anda.

0 komentar:

Posting Komentar