Kamis, 26 Januari 2017

Karya Anak SMK

 

1.Mobil Strategi Esemka Karya Siswa SMK 2 Surakarta serta SMK Warga Surakarta

Strategi ESEMKA, hasil karya siswa SMK 2 Surakarta serta SMK Warga Surakarta yang sudah banyak mengambil alih perhatian umum serta politisi kita. Strategi Esemka juga di ambil dari nama Sukiyat yang yang memiliki bengkel Strategi Motor di Desa Mlese, Kecamatan Ceper, Klaten, Jawa Tengah. Dia yaitu seseorang difabel atau penyandang cacat.

2. Motor BBG Karya Siswa SMK Muhammadiyah Kramat

Kepala SMK Muhammadiyah Kramat, Abdul Wahid SKom menyebutkan, sepeda motor memiliki bahan gas itu adalah hasil penelitiannya dengan dua siswa jurusan Tehnik Kendaraan Enteng (TKR) yakni M Rijalul Firdaus serta Ade Prasetya. Bisa meniti jarak sampai 170 km.. Hal semacam ini dapat dibuktikan, saat lakukan eksperimen dengan rute Tegal-Semarang. Menurut dia, bahan bakar gas itu, lebih hemat 2 x lipat bila dibanding dengan bensin. Untuk dapat berpindah dari bensin ke gas cuma perlu cost tidak kurang dari Rp 400. 000.

3. Note Book Karya Siswa SMK Bhakti Berhasil Rakit

Meningkatnya dunia pendidikan di Kabupaten Brebes, mulai tampak. Kesempatan ini beberapa siswa SMK Karya Bhakti Brebes dari jurusan Tehnik Computer serta Jaringan (TKJ) berhasil merakit note book. Hasil rakitan yang terlebih dulu bekerja bersama dengan product Zyrex saat ini sudah laris terjual oleh LP3i Tegal. Karna di note book rakitan SMK Karya Bhkati mempunyai content lokal yang berisikan pendidikan, terutama Buku Dengan Elektronik (BSE) ataupun alat bantu ajar. Azhar memberikan kalau harga per unit note book rakitan siswanya yaitu Rp 2. 199. 000.

4. LCD Rakitan Karya Siswa SMK YPT Tegal

Kelahiran LCD karya siswa SMK YPT juga didukung penuh dari Wakil Walikota Tegal, Habib Ali Zaenal Abidin. hal semacam ini dikatakannya pada acara peluncuran perdana product LCD rakitan siswa SMK YPT pada tanggal 25 Februari kemarin. Ayah Wakil Walikota segera pesan product LCD rakitan siswa SMK YPT Tegal. Serta seperti Mobil Esemka yang bekerja bersama dengan bengkel mobil Strategi Motor, perakitan LCD karya anak SMK YPT bekerja bersama dengan PT. Venus Inti Jaya.

5. Sepeda Listrik Karya Siswa SMK 2 Surakarta

Kreatifitas siswa SMK selalu bermunculan. Saat ini giliran beberapa siswa SMKN 2 Karanganyar, Jawa Tengah, merakit sepeda motor mini bertenaga listrik. Akhirnya cukup menarik, terkecuali tidak membutuhkan bahan bakar, sepeda motor mini ini ramah lingkungan karna tidak hasilkan emisi. . Sepeda motor ini di produksi beberapa siswa dibantu guru pembimbing sepanjang empat bln.. Sepeda juga akan dapat jalan sejauh 25 km. dengan kecepatan maksimum 25 km. /jam. Jika lulus uji, sepeda ini juga akan di produksi dengan massal. Bila jadi di produksi massal serta di jual, sepeda ini juga akan dihargai sebesar Rp3, 5 juta sampai Rp4 juta per unit.

6. Batik Karya Siswa SMK Negeri 5 Yogyakarta

Andina bahagia saat hasil-hasil karyanya laris dalam beberapa pameran yang sempat dibarengi oleh sekolahnya. Siswi yang duduk di tingkat akhir di SMK Negeri 5 Yogyakarta ini menyebutkan semua product batik yang di jual di pameran ini yaitu karya siswa-siswi sekolahnya, terlebih kelas III, yang duduk di jurusan Tekstil. Andina serta sekolahnya tengah ikuti Expo yang di gelar oleh Solidaritas Istri Kabinet Indonesia Menyatu (SIKIP) di UKM Convention Center SMESCO UKM, 2-5 Desember. Kain bahan dengan beragam motif ciri khas Yogyakarta di jual dengan rentang harga Rp150. 000-Rp400. 000 bergantung pada ukuran, bahan serta motifnya. Sajadah bermotif batik di jual sekitaran Rp50. 000-Rp75. 000.

7. LCD projector Karya Siswa SMK 1, 6, 26 serta 56 Jakarta

Pelajar Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) nyatanya dapat hasilkan karya yang membanggakan. Pelajar SMK di Jakarta nyatanya dapat merakit LCD projector yang juga akan diberikan pada pelajar SMK yang lain. Paling tidak ada seribu lebih LCD projector yang dirakit oleh siswa SMK 1, 6, 26 serta 56. LCD projector itu mempunyai spesifikasi 2500 lumens serta di beri merk " esemka ".

8. Buggy Car ABCD (Anak Bandung Cinta Damai) Karya Siswa SMK 8 Bandung

Product yang diunggulkan yakni mobil rakitan Buggy Car ABCD (Anak Bandung Cinta Damai) bermesin empat silinder, yang diperkembang SMKN 8 Bandung mulai sejak dua th. paling akhir. Masalah regulasi yang dihadapi, buat pihak sekolah mencari celah dengan meningkatkan mobil untuk kepentingan off road. Harga on the road (OTR) buggy car, lanjut dia, pada Rp 50 sampai 75 juta.

9. Mobil Digdaya Karya SMK Negeri 1 Singosari, Malang

Mohammad Fariz Nur Cholis, siswa SMKN 1 Singosari Jurusan Ototronik yang tergabung dalam tim perakit Digdaya tim mengakui timnya buat mobil dalam 2 type yakni type pickup seperti yang dipamerkan serta type SUV (Sport Utility Vehicle). Pickup di bandrol seharga Rp150 juta serta untuk yang type SUV dihargai sekitaran Rp180 juta. Sujianto serta beberapa siswanya berkemauan buat Digdaya lebih prima supaya dapat di produksi dengan massal.

10. Mobil “Rosa” Karya Siswa SMK Negeri 6 Malang, Jawa Timur

Mengenai kekuatan mobil ROSA itu, juga termasuk bagus serta hemat. Untuk 1 liter bahan bakar dapat dipakai untuk meniti perjalanan 15 Km. " Terkecuali buat mobil type MPV, kita juga tengah berencana pembuatan mobil type pick-up, " terang Gunawan. Mobil ROSA diterima baik Wakil Walikota Malang. ia segera cobanya.

11. Moko Karya Siswa SMKN 5 Makassar

Perakitan Moko ini dikerjakan siswa SMK 5 Makassar serta mekanik lokal. Moko adalah inspirasi dari Gubernur Sulsel serta di luncurkan pada ulang th. Sulsel Oktober 2011 kemarin. Mesin moko ini sendiri masih tetap memakai mesin yang di-import dari Cina. Tetapi 80 % bahan baku yang lain memakai product lokal kerja sama juga dengan PT Industri Kereta Api Nasional.

12. Robot Pencuci Mobil Karya Siswa SMK Negeri 56 Jakarta Utara

Robot ini dapat bersihkan mobil cuma kurun waktu 3 menit. Tetapi, untuk hasil paling baik, penggosokan busa atau foam serta pengeringan tetaplah dikerjakan dengan manual. Demikianpun untuk kolong mobil. Karna robot ini cuma dapat menyemprotkan air serta foam pada tubuh mobil. Saat yang dibutuhkan untuk buat 1 robot pencuci mobil ini sekitaran 2 minggu, dengan cost lebih dari 200 juta rupiah.

13. Pesawat Jabiru J430 Karya Siswa SMK Negeri 29 Jakarta

Siswa SMK Negeri 29 Jakarta sudah keluarkan pesawat rakitannya. Pesawat itu dinamakan Jabiru J430. Pesawat ini adalah bentuk aplikasi ketrampilan siswa SMK jurusan penerbangan. Perakitan Jabiru J 430 diawali pertengahan September 2011 serta juga akan uji kelaikan terbang pada akhir Januari 2012 di Bandar Udara Pondok Cabe, Tangerang Selatan, Banten. Pesawat perintis Jabiru J430 hasil rakitan beberapa siswa SMK Negeri 29 Jakarta diprediksikan dapat terbang sampai Bali serta Malaysia. Harga pesawat ini ditaksir menjangkau Rp1, 3 miliar.

0 komentar:

Posting Komentar