Jumat, 16 Maret 2018

Hadapi MEA, Lulusan SMK Dituntut Mahir Berbahasa Inggris

 
Lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), terkecuali mesti mempunyai ketrampilan sesuai sama bagiannya, juga dituntut untuk dapat berbahasa Inggris supaya dapat berkompetisi dengan tenaga kerja asing.

" Ketrampilan serta bhs Inggris yaitu modal paling utama untuk lulusan SMK untuk masuk dalam dunia kerja, karenanya keduanya mesti dikuasai dengan baik
sekarang ini Indonesia telah masuk Orang-orang Ekonomi ASEAN (MEA). Tenaga kerja Indonesia bisa lebih gampang bekerja di negara lokasi Asia Tenggara, serta demikian sebaliknya tenaga kerja negara beda bekerja di Indonesia.

" Hal semacam ini mengakibatkan persaingan perebutan dunia kerja juga akan makin ketat, hingga yang diperlukan yaitu beberapa orang yang betul-betul mempunyai ketrampilan, " sebutnya.

Menurut dia, sekarang ini kewenangan SMA/SMK telah beralih dari kabupaten serta kota ke propinsi. Berarti, tanggung jawab Pemprov Sumbar juga semakin besar untuk pikirkan pengelolaan SMA/SMK supaya lulusannya mempunyai ketrampilan serta bisa selekasnya terjun ke pasar kerja.

" Kita juga akan berusaha selalu tingkatkan kwalitas SMK di Sumbar, " tuturnya.

Ia mengatakan, Sumbar memanglah relatif kurang dalam soal Sumber Daya Alam (SDA), tapi mulai sejak dulu, telah populer dengan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkwalitas.

" Kurang SDA tidak bisa jadi rintangan untuk maju. Kita juga akan pusatkan pada pengembangan SDM supaya siap untuk berkompetisi dengan nasional serta internasional, " katanya.

Disamping itu, Wali Kota Padang Mahyeldi menyebutkan, Job Matching adalah langkah baik untuk memajukan dunia industri di Sumbar dengan merekrut alumni ataupun pelajar SMK yang siap terjun ke dunia industri.

" Pemko Padang selalu mendorong aktivitas ini, karna sudah merangkul dunia usaha, hingga pihak SMK mesti senantiasa bersinergi dengan entrepreneur ada jaminan siswa di terima pada dunia kerja, " ungkap Mahyeldi.

Seirama, Kepala Dinas Pendidikan serta Kebudayaan Sumbar, Burhasman menyebutkan, ke depan dunia usaha selalu memerlukan SDM yang berkwalitas, karenanya Sumbar siap untuk jadi " penyuplai " SDM di Indonesia.
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar