DASAR KOMPETENSI
KEJURUAN DAN KOMPETENSI KEJURUAN
SEKOLAH MENENGAH
KEJURUAN
BIDANG STUDI KEAHLIAN :
TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
PROGRAM STUDI KEAHLIAN :
TEKNIK KOMPUTER DAN INFORMATIKA
KOMPETENSI KEAHLIAN :
1. REKAYASA
PERANGKAT LUNAK (070)
2. TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN (071)
3. MULTI MEDIA (072)
A. Dasar Kompetensi Kejuruan
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Merakit personal computer
|
1.1
Merencanakan
kebutuhan dan spesifikasi
1.2
Melakukan
instalasi komponen PC
1.3 Melakukan
keselamatan kerja dalam merakit komputer
1.4 Mengatur
komponen PC menggunakan software (melalui setup BIOS dan aktifasi
komponen sistem operasi).
1.5 Menyambung
periferal menggunakan Software
1.6 Memeriksa
hasil perakitan PC dan pemasangan periferal.
|
2. Melakukan instalasi sistem operasi dasar
|
2.1 Menjelaskan langkah
instalasi sistem operasi
2.2 Melaksanakan
instalasi software sesuai Installation Manual
2.3 Mengecek
hasil instalasi menggunakan software (sampling)
2.4 Melakukan
troubleshooting.
|
3. Menerapkan Keselamatan, Kesehatan Kerja dan
Lingkungan Hidup (K3LH)
|
3.1
Mendeskripsikan keselamatan dan kesehatan kerja (K3)
3.2
Melaksanakan prosedur K3
3.3
Menerapkan konsep lingkungan hidup
3.4
Menerapkan ketentuan pertolongan pertama pada
kecelakaan.
|
B. KOMPETENSI KEJURUAN
1. Rekayasa Perangkat Lunak (070)
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1. Menerapkan
teknik elektronika analog dan digital dasar
|
1.1 Menerapkan
teori kelistrikan
1.2 Mengenal
komponen elektronika
1.3 Menggunakan
komponen elektronika
1.4 Menerapkan
konsep elektronika digital
1.5 Menerapkan
sistem bilangan digital
1.6 Menerapkan
elektronika digital untuk komputer.
|
2.
Menerapkan algoritma pemrograman tingkat dasar
|
2.1
Menjelaskan
struktur algoritma
2.2
Membuat
alur logika pemrograman
2.3
Menjelaskan Data Flow Diagram (DFD)
2.4
Membuat
diagram alir pemrograman
2.5
Menjelaskan
varian dan invariant
2.6
Menerapkan
pengelolaan array.
|
3.
Menerapkan algoritma pemrograman tingkat lanjut
|
3.1
Menjelaskan
prinsip array multi dimensi
3.2
Mengunakan array multi dimensi
3.3
Menggunakan
prosedur dan fungsi
3.4
Menggunakan library pemrograman grafik.
|
4.
Membuat basis data
|
4.1
Mengidentifikasi
struktur hirarki basis data
4.2
Menjelaskan Entity Relationship Diagram (ERD)
4.3
Menerapkan normalisasi
basis data
4.4 Membuat
database management system (DBMS).
|
5.
Menerapkan aplikasi basis data
|
5.1
Menjelaskan
jenis perintah SQL
5.2
Membuat
table basis data
5.3
Menerapkan
query pada basis data
5.4
Membuat
form basis data
5.5
Menerapkan
macro pada basis data
5.6
Membuat
report.
|
6.
Memahami pemrograman visual berbasis desktop
|
6.1 Menjelaskan
IDE aplikasi bahasa pemograman
6.2 Menjelaskan
objek aplikasi bahasa pemograman
6.3 Menjelaskan
user interface aplikasi bahasa
pemograman
6.4 Menjelaskan
tipe file
6.5 Menjalankan
aplikasi.
|
7.
Membuat paket software aplikasi berbasis desktop
|
7.4. Menjelaskan
menu aplikasi
7.5.
Menyiapkan
sistem komputer
7.6.
Mendemonstrasikan
aplikasi paket installer
7.7.
Menyimpan
installer aplikasi
7.8.
Menghubungkan aplikasi dengan basis data.
|
8.
Mengoperasikan sistem operasi jaringan komputer
|
8.1 Menjelaskan
fungsi periferal jaringan komputer
8.2 Mengidentifikasikan
ketersambungan jaringan
8.3 Mengoperasikan
aplikasi jaringan komputer
8.4 Melakukan
pemutusan jaringan.
|
9.
Menerapkan
bahasa pemrograman SQL tingkat dasar
|
9.1 Menjelaskan
konsep pengoperasian bahasa pemrograman (SQL)
9.2 Mempersiapkan
perangkat lunak SQL
9.3 Mendeskripsikan
menu aplikasi SQL
9.4 Membuat
tabel
9.5 Mengoperasikan tabel dan
table view.
|
10. Menerapkan
bahasa pemrograman SQL tingkat lanjut
|
10.1 Menentukan
formula pembentukan data dengan batasan waktu
10.2
Membuat
prosedur dan fungsi
10.3
Menulis
kode program pembangkitan data dengan batasan waktu
10.4
Mengoperasikan
trigger.
|
11.
Menerapkan
dasar-dasar pembuatan web statis tingkat dasar
|
11.1 Menjelaskan konsep dasar dan teknologi Webpage
11.2
Menjelaskan
struktur dokumen HTML
11.3
Menambahkan
objek pada web
11.4
Membuat
tabel pada web
11.5
Membuat Link
pada web
11.6
Menyimpan
dokumen
11.7
Menguji
dokumen.
|
12. Membuat
halaman web dinamis tingkat dasar
|
12.1 Menjelaskan
konsep pembuatan halaman web dinamis
12.2 Mempersiapkan
lingkungan teknis
12.3 Membuat
halaman web dinamis sederhana
12.4 Menambahkan
fungsi-fungsi pada halaman web dinamis
12.5
Menguji halaman web dinamis.
|
13. Membuat
halaman web dinamis tingkat lanjut
|
13.1 Menjelaskan
konsep pemrograman web dinamis
13.2 Mempersiapkan
pembuatan aplikasi
13.3 Membuat web
menggunakan bahasa script.
|
14. Merancang
aplikasi teks dan desktop berbasis objek
|
14.1 Menjelaskan
dasar-dasar pemrograman
14.2 Menerapkan
fungsi
14.3 Menerapkan
pointer
14.4 Menjelaskan
class
14.5
Merancang
aplikasi berorientasi objek.
|
15. Menggunakan
bahasa pemrograman berorientasi objek
|
15.1
Menggunakan
tipe data control program
15.2
Membuat
class
15.3
Membuat
inheritance, polimorphy, overloading, dan friends
15.4
Membuat
interface dan paket
15.5 Mengkompilasi program
berorientasi objek.
|
16. Merancang
program aplikasi web berbasis objek
|
16.1
Menjelaskan
file I/O (Input/Output), tipe data
dan variable pada java programming
16.2
Menjelaskan
exception handling
16.3
Menjelaskan
applet
16.4
Menerapkan
konektivitas basis data.
|
17. Membuat
aplikasi basis data menggunakan SQL
|
17.1
Menjelaskan
kebutuhan software
17.2
Membuat
Entity Relationship Diagram (ERD)
17.3
Membuat
Data Flow Diagram (DFD)
17.4
Mempersiapkan
lembar kerja Basis Data
17.5 Menggunakan
sintaks-sintaks khusus SQL
17.6
Membuat
Query Basis Data.
|
18. Mengintegrasikan
basis data dengan sebuah web
|
18.1 Menjelaskan
prosedur pengintegrasian sebuah basis data dengan sebuah situs web
18.2
Mempersiapkan
basis data
18.3
Membuat
login pada basis data
18.4
Membuat
koneksi basis data pada web
18.5 Menguji
konektivitas basis data pada web.
|
19. Membuat
program basis data
|
19.1 Menjelaskan
konsep pembuatan DBMS berbasis Client-Server
19.2
Menggunakan
SQL
19.3
Menggunakan
stored procedures
19.4
Menggunakan
triggers
19.5
Menggunakan
administrasi
SQL
19.6
Menjelaskan
struktur program aplikasi
19.7
Menerapkan
SQL.
|
20. Membuat
aplikasi web berbasis JSP
|
20.1 Menjelaskan
kebutuhan software
20.2 Menjelaskan
dasar-dasar JSP
20.3
Membuat
aplikasi web berbasis JSP
20.4
Menyiapkan
server untuk aplikasi web berbasis JSP
20.5
Menyimpan
state (kondisi) ke dalam server dan client.
|
2. Teknik Komputer dan Jaringan (071)
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1. Menerapkan
teknik elektronika analog dan digital dasar
|
1.2 Menerapkan
teori kelistrikan
1.3 Mengenal
komponen elektronika
1.4 Menggunakan
komponen elektronika
1.5 Menerapkan
konsep elektronika digital
1.6 Menerapkan
sistem bilangan digital
1.7 Menerapkan
elektronika digital untuk komputer.
|
2.
Menerapkan fungsi peripheral dan instalasi PC
|
2.1 Mengidentifikasi
macam-macam periferal dan fungsinya
2.2 Menyambung/memasang
periferal (secara fisik) dan periferal setup menggunakan software
2.3 Melakukan
tindakan korektif.
|
3. Mendiagnosis permasalahan pengoperasian PC dan periferal
|
3.1 Mengidentifikasi
masalah melalui gejala yang muncul
3.2
Mengklasifikasikan
masalah berdasarkan kelompoknya
3.3
Mengisolasi
permasalahan.
|
4. Melakukan perbaikan dan/ atau setting ulang
sistem PC
|
4.1 Menjelaskan
langkah perbaikan PC
4.2 Memperbaiki
PC
4.3
Memeriksa
hasil perbaikan sistem PC.
|
5. Melakukan
perbaikan periferal
|
5.1
Menjelaskan
langkah perbaikan periferal yang bermasalah
5.2
Memperbaiki
periferal
5.3
Memeriksa
hasil perbaikan periferal.
|
6. Melakukan
perawatan PC
|
6.1
Menjelaskan
langkah perawatan PC
6.2
Melakukan
perawatan PC
6.3
Memeriksa
hasil perawatan PC
6.4 Melakukan
tindakan korektif.
|
7. Melakukan instalasi sistem operasi berbasis
graphical user interface (GUI) dan command
line interface (CLI)
|
7.1 Menjelaskan
langkah instalasi sistem operasi berbasis GUI (Graphical User Interface)
7.2 Melaksanakan
instalasi sistem operasi berbasis GUI sesuai Installation Manual
7.3 Menjelaskan
langkah instalasi sistem operasi berbasis command
line interface (CLI)
7.4 Melaksanakan
instalasi sistem operasi berbasis text sesuai Installation Manual.
|
8.
Melakukan instalasi software
|
8.1 Menjelaskan langkah
instalasi software
8.2 Melaksanakan
instalasi software sesuai Installation Manual
8.3 Mengecek hasil instalasi menggunakan software (sampling)
8.4 Melakukan troubleshooting.
|
9. Melakukan
instalasi perangkat jaringan
lokal (Local Area Network)
|
9.1
Menentukan
persyaratan pengguna
9.2
Membuat
desain awal jaringan
9.3
Mengevaluasi
lalu lintas jaringan
9.4
Menyelesaikan
disain jaringan.
|
10. Mendiagnosis permasalahan pengoperasian PC yang
tersambung jaringan
|
10.1
Mengidentifikasi
masalah melalui gejala yang muncul
10.2 Menganalisa gejala
kerusakan
10.3 Melokalisasi
daerah kerusakan
10.4 Mengisolasi
permasalahan.
|
11. Melakukan
perbaikan dan/ atau setting ulang koneksi jaringan
|
11.1
Menjelaskan
langkah persiapan untuk setting ulang koneksi jaringan
11.2
Melakukan
perbaikan koneksi jaringan
11.3
Melakukan
setting ulang koneksi jaringan
11.4 Memeriksa
hasil perbaikan koneksi jaringan.
|
12. Melakukan
instalasi sistem operasi jaringan berbasis GUI (Graphical User Interface) dan Text
|
12.1 Menjelaskan langkah
instalasi software
12.2 Melaksanakan
instalasi software sesuai Installation Manual
12.3 Mengkonfigurasi jaringan pada sistem operasi
12.4 Mengecek hasil instalasi menggunakan software (sampling)
12.5 Melakukan troubleshooting.
|
13. Melakukan instalasi
perangkat jaringan berbasis luas (Wide
Area Network)
|
13.1
Menjelaskan
persyaratan WAN
13.2
Mengidentifikasi
spesifikasi WAN
13.3
Membuat
disain awal jaringan WAN
13.4
Mengevaluasi
lalu lintas jaringan
13.5
Menyelesaikan
disain jaringan.
|
14.
Mendiagnosis
permasalahan perangkat yang tersambung jaringan berbasis luas (Wide
Area Network)
|
14.1
Mengidentifikasi
masalah melalui gejala yang muncul
14.2
Memilah
masalah berdasarkan kelompoknya
14.3
Melokalisasi
daerah kerusakan
14.4
Mengisolasi
masalah
14.5
Menyelesaikan
masalah yang timbul.
|
15. Membuat desain sistem keamanan jaringan
|
15.1 Menentukan
jenis jenis keamanan jaringan
15.2
Memasang
firewall
15.3 Mengidentifikasi
pengendalian jaringan yang diperlukan
15.4 Mendesain
sistem keamanan jaringan.
|
16. Melakukan
perbaikan dan/ atau setting ulang koneksi jaringan berbasis luas (Wide
Area Network)
|
16.1
Menjelaskan langkah persiapan untuk setting ulang koneksi
jaringan
16.2
Melakukan
perbaikan koneksi jaringan
16.3
Melakukan
setting ulang koneksi jaringan
16.4 Memeriksa
hasil perbaikan koneksi jaringan.
|
17. Mengadministrasi server dalam jaringan
|
17.1
Memilih
aplikasi untuk server
17.2 Memilih
sistem operasi untuk jaringan
17.3
Memilih
komponen server
17.4
Menetapkan
spesifikasi server
17.5
Membangun
dan mengkonfigurasi server
17.6
Menguji
server
17.7
Memonitor
kinerja jaringan.
|
18.
Merancang
bangun dan menganalisa Wide Area
Network
|
18.1 Mengkonfirmasi
kebutuhan klien dan perangkat jaringan
18.2
Meninjau
masalah keamanan
18.3 Memasang
dan mengkonfigurasi produk dan perangkat gateway
18.4 Mengkonfigurasi
dan menguji titik jaringan
18.5
Mengimplementasi
perubahan.
|
19.
Merancang
web data base untuk content server
|
19.1
Menentukan
kebutuhan sistem
19.2
Menentukan
prosedur recovery
19.3
Merancang
arsitektur basis data
19.4
Mengklasifikasikan
penggunaan basis data.
|
3. Multi Media (072)
STANDAR
KOMPETENSI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
1. Memahami etimologi multimedia
|
1.1 Mendeskripsikan
tentang multimedia
1.2 Menjelaskan
multimedia content production
1.3 Menjelaskan
multimedia communication.
|
2. Memahami alir proses produksi produk multimedia
|
2.1
Menjelaskan
proses pre production multimedia
2.2
Menjelaskan
proses production multimedia
2.3
Menjelaskan proses post production multimedia.
|
3. Merawat peralatan multimedia
|
3.1 Menjelaskan
langkah-langkah perawatan peralatan multimedia
3.2 Melakukan
perawatan peralatan multimedia
3.3 Membuat
kartu perawatan peralatan multimedia.
|
4. Mengelola isi halaman web
|
4.1 Memeriksa
informasi untuk relevansi dan currency
4.2 Memeriksa
links dan navigasi
4.3 Mengedit
informasi sesuai kebutuhan
4.4 Menguji
dan memastikan perubahan perubahan.
|
5. Menerapkan teknik pengambilan gambar produksi
|
5.1 Menjelaskan prosedur pengoperasian kamera video
5.2 Mengoperasikan kamera video
5.3 Mengisi
dan merawat battery selama pengambilan gambar
5.4 Mengoperasikan
kamera
5.5 Menata kabel-kabel kamera
5.6 Mengoperasikan
clapper board.
|
6. Menerapkan prinsip-prinsip seni grafis dalam
desain komunikasi visual untuk multimedia
|
6.1 Menjelaskan
kaidah estetika dan etika seni grafis (nirmana)
6.2 Membuat
sketsa
6.3 Menggambar
perspektif
6.4 Menggambar
objek
6.5 Menggambar
ilustrasi.
|
7. Menguasai cara menggambar kunci untuk animasi
|
7.1 Menjelaskan
syarat animasi
7.2 Membuat
gambar kunci
7.3 Mengatur
dan melengkapi gambar kunci.
|
8. Menguasai cara menggambar clean-up dan sisip
|
8.1 Mendeskripsikan
gambar yang asli
8.2 Membuat
gambar-gambar asli
8.3 Mendeskripsikan
gambar tiga dimensi
8.4 Membuat
gambar tiga dimensi.
|
9. Menguasai dasar animasi stop-motion (bidang datar)
|
9.1 Mendeskripsikan
syarat-syarat animasi
9.2 Membuat
model warna dan tempat warna.
|
10. Menggabungkan
teks kedalam sajian multimedia
|
10.1 Menggunakan
software teks multimedia
10.2 Mendesain
teks multimedia.
|
11. Menggabungkan
gambar 2D kedalam sajian multimedia
|
11.1 Mengedit
gambar digital
11.2 Menggunakan
software grafik multimedia
2D
11.3 Menciptakan
design grafik Multimedia 2D
11.4 Menampilkan
karya seni digital 2D.
|
12. Menggabungkan fotografi digital kedalam sajian
multimedia
|
12.1 Menggunakan
kamera digital
12.2 Menggabungkan
foto digital kedalam rangkaian Multimedia
12.3 Menciptakan
susunan karya seni foto digital dan grafik 2D.
|
13. Menggabungkan audio ke dalam sajian multimedia
|
13.1 Menjabarkan
format audio digital
13.2 Menggunakan
software audio digital
13.3 Merancang
audio digital
13.4 Membangun
track audio digital.
|
14. Membuat story board aplikasi
multimedia
|
14.1 Mengidentifikasi
kebutuhan
14.2 Merencanakan
alur isi story board
14.3 Medeskripsikan
proses pelaksanaan dalam story board.
|
15. Memahami cara penggunaan peralatan tata cahaya.
|
15.1 Menjelaskan
dasar tata cahaya
15.2 Menjelaskan
efek cahaya
15.3 Menyiapkan
operasi lighting
|
16. Menerapkan efek khusus pada objek produksi
|
16.1 Mengidentifikasikan
materi penunjang efek khusus
16.2 Menginstallasi
software efek khusus
16.3 Membuat
efek khusus pada obyek.
|
17. Menyusun proposal penawaran
|
17.1 Menganalisa
syarat-syarat proyek
17.2 Mengidentifikasi
keterampilan yang sesuai dengan persyaratan laporan
17.3 Membuat
rancangan biaya biaya dan sumber sumber yang ada
17.4 Membuat
proposal
17.5 Membuat
pengajuan permohonan tender.
|
0 komentar:
Posting Komentar