Kamis, 28 Februari 2013

SKKD MULTI MEDIA (072)


DASAR KOMPETENSI KEJURUAN DAN KOMPETENSI KEJURUAN
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN

BIDANG STUDI KEAHLIAN       :     TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
PROGRAM STUDI KEAHLIAN  :     TEKNIK KOMPUTER DAN INFORMATIKA
KOMPETENSI KEAHLIAN         :      1.        REKAYASA PERANGKAT LUNAK (070)
                                                              2.  TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN (071)
                                                              3.  MULTI MEDIA (072)
 
 A.  Dasar Kompetensi Kejuruan
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
1.  Merakit personal computer
1.1   Merencanakan kebutuhan dan spesifikasi
1.2   Melakukan instalasi komponen PC
1.3   Melakukan keselamatan kerja dalam merakit komputer
1.4   Mengatur komponen PC menggunakan software (melalui setup BIOS dan aktifasi komponen sistem operasi).
1.5   Menyambung periferal menggunakan Software
1.6   Memeriksa hasil perakitan PC dan pemasangan periferal.
2.  Melakukan instalasi sistem operasi dasar
2.1   Menjelaskan langkah instalasi sistem operasi
2.2   Melaksanakan instalasi software sesuai Installation Manual
2.3   Mengecek hasil instalasi menggunakan software (sampling)
2.4   Melakukan troubleshooting.
3.  Menerapkan Keselamatan, Kesehatan Kerja dan Lingkungan Hidup (K3LH)
3.1   Mendeskripsikan keselamatan dan kesehatan kerja (K3)
3.2   Melaksanakan prosedur K3
3.3   Menerapkan konsep lingkungan hidup
3.4   Menerapkan ketentuan pertolongan pertama pada kecelakaan.
 B.  KOMPETENSI KEJURUAN
     1.    Rekayasa Perangkat Lunak (070) 
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
1.  Menerapkan teknik elektronika analog dan digital dasar
1.1   Menerapkan teori kelistrikan
1.2   Mengenal komponen elektronika
1.3   Menggunakan komponen elektronika
1.4   Menerapkan konsep elektronika digital
1.5   Menerapkan sistem bilangan digital
1.6   Menerapkan elektronika digital untuk komputer.
2.  Menerapkan algoritma pemrograman tingkat dasar
2.1   Menjelaskan struktur algoritma
2.2   Membuat alur logika pemrograman
2.3   Menjelaskan Data Flow Diagram (DFD)
2.4   Membuat diagram alir pemrograman
2.5   Menjelaskan varian dan invariant
2.6   Menerapkan pengelolaan array.
3.  Menerapkan algoritma pemrograman tingkat lanjut
3.1   Menjelaskan prinsip array multi dimensi
3.2   Mengunakan array multi dimensi
3.3   Menggunakan prosedur dan fungsi
3.4   Menggunakan library pemrograman grafik.
4.  Membuat basis data
4.1   Mengidentifikasi struktur hirarki basis data
4.2   Menjelaskan Entity Relationship Diagram (ERD)
4.3   Menerapkan normalisasi basis data
4.4   Membuat database management system (DBMS).
5.  Menerapkan aplikasi basis data
5.1   Menjelaskan jenis perintah SQL
5.2   Membuat table basis data
5.3   Menerapkan query pada basis data
5.4   Membuat form basis data
5.5   Menerapkan macro pada basis data
5.6   Membuat report.
6.  Memahami pemrograman visual berbasis desktop
6.1   Menjelaskan IDE aplikasi bahasa pemograman
6.2   Menjelaskan objek aplikasi bahasa pemograman
6.3   Menjelaskan user interface aplikasi bahasa pemograman
6.4   Menjelaskan tipe file
6.5   Menjalankan aplikasi.
7.  Membuat paket software aplikasi berbasis desktop
7.4.  Menjelaskan menu aplikasi
7.5.  Menyiapkan sistem komputer
7.6.  Mendemonstrasikan aplikasi paket installer
7.7.  Menyimpan installer aplikasi
7.8.  Menghubungkan aplikasi dengan basis data.
8.  Mengoperasikan sistem operasi jaringan komputer
8.1   Menjelaskan fungsi periferal jaringan komputer
8.2   Mengidentifikasikan ketersambungan jaringan
8.3   Mengoperasikan aplikasi jaringan komputer
8.4   Melakukan pemutusan jaringan.
9.  Menerapkan bahasa pemrograman SQL tingkat dasar
9.1   Menjelaskan konsep pengoperasian bahasa pemrograman (SQL)
9.2   Mempersiapkan perangkat lunak SQL
9.3   Mendeskripsikan menu aplikasi SQL
9.4   Membuat tabel
9.5   Mengoperasikan tabel dan table view.
10.   Menerapkan bahasa pemrograman SQL tingkat lanjut
10.1   Menentukan formula pembentukan data dengan batasan waktu
10.2   Membuat prosedur dan fungsi
10.3   Menulis kode program pembangkitan data dengan batasan waktu
10.4   Mengoperasikan trigger.
11.   Menerapkan dasar-dasar pembuatan web statis tingkat dasar
11.1   Menjelaskan konsep dasar dan teknologi Webpage
11.2   Menjelaskan struktur dokumen HTML
11.3   Menambahkan objek pada web
11.4   Membuat tabel pada web
11.5   Membuat Link pada web
11.6   Menyimpan dokumen
11.7   Menguji dokumen.
12.   Membuat halaman web dinamis tingkat dasar
12.1   Menjelaskan konsep pembuatan halaman web dinamis
12.2   Mempersiapkan lingkungan teknis
12.3   Membuat halaman web dinamis sederhana
12.4   Menambahkan fungsi-fungsi pada halaman web dinamis
12.5   Menguji halaman web dinamis.
13.   Membuat halaman web dinamis tingkat lanjut
13.1   Menjelaskan konsep pemrograman web dinamis
13.2   Mempersiapkan pembuatan aplikasi
13.3   Membuat web menggunakan bahasa script.
14.   Merancang aplikasi teks dan desktop berbasis objek
14.1   Menjelaskan dasar-dasar pemrograman
14.2   Menerapkan fungsi
14.3   Menerapkan pointer
14.4   Menjelaskan class
14.5   Merancang aplikasi berorientasi objek.
15.   Menggunakan bahasa pemrograman berorientasi objek
15.1   Menggunakan tipe data control program
15.2   Membuat class
15.3   Membuat inheritance, polimorphy, overloading, dan friends
15.4   Membuat interface dan paket
15.5   Mengkompilasi program berorientasi objek.
16.   Merancang program aplikasi web berbasis objek
16.1   Menjelaskan file I/O (Input/Output), tipe data dan variable pada java programming
16.2   Menjelaskan exception handling
16.3   Menjelaskan applet
16.4   Menerapkan konektivitas basis data.
17.   Membuat aplikasi basis data menggunakan SQL
17.1   Menjelaskan kebutuhan software
17.2   Membuat Entity Relationship Diagram (ERD)
17.3   Membuat Data Flow Diagram (DFD)
17.4   Mempersiapkan lembar kerja Basis Data
17.5   Menggunakan sintaks-sintaks khusus SQL
17.6   Membuat Query Basis Data.
18.   Mengintegrasikan basis data dengan sebuah web
18.1   Menjelaskan prosedur pengintegrasian sebuah basis data dengan sebuah situs web
18.2   Mempersiapkan basis data
18.3   Membuat login pada basis data
18.4   Membuat koneksi basis data pada web
18.5   Menguji konektivitas basis data pada web.
19.   Membuat program basis data
19.1   Menjelaskan konsep pembuatan DBMS berbasis Client-Server
19.2   Menggunakan SQL
19.3   Menggunakan stored procedures
19.4   Menggunakan triggers
19.5   Menggunakan administrasi SQL
19.6   Menjelaskan struktur program aplikasi
19.7   Menerapkan SQL.
20.   Membuat aplikasi web berbasis JSP
20.1   Menjelaskan kebutuhan software
20.2   Menjelaskan dasar-dasar JSP
20.3   Membuat aplikasi web berbasis JSP
20.4   Menyiapkan server untuk aplikasi web berbasis JSP
20.5   Menyimpan state (kondisi) ke dalam server dan client.

     2.    Teknik Komputer dan Jaringan (071)
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
1.    Menerapkan teknik elektronika analog dan digital dasar
1.2   Menerapkan teori kelistrikan
1.3   Mengenal komponen elektronika
1.4   Menggunakan komponen elektronika
1.5   Menerapkan konsep elektronika digital
1.6   Menerapkan sistem bilangan digital
1.7   Menerapkan elektronika digital untuk komputer.
2.  Menerapkan fungsi peripheral dan instalasi PC
2.1   Mengidentifikasi macam-macam periferal dan fungsinya
2.2   Menyambung/memasang periferal (secara fisik) dan periferal setup menggunakan software
2.3   Melakukan tindakan korektif.
3.  Mendiagnosis permasalahan pengoperasian PC dan periferal
3.1   Mengidentifikasi masalah melalui gejala yang muncul
3.2   Mengklasifikasikan masalah berdasarkan kelompoknya
3.3   Mengisolasi permasalahan.
4.  Melakukan perbaikan dan/ atau setting ulang sistem PC
4.1   Menjelaskan langkah perbaikan PC
4.2   Memperbaiki PC
4.3   Memeriksa hasil perbaikan sistem PC.
5.  Melakukan perbaikan periferal
5.1   Menjelaskan langkah perbaikan periferal yang bermasalah
5.2   Memperbaiki periferal
5.3   Memeriksa hasil perbaikan periferal.
6.  Melakukan perawatan PC
6.1   Menjelaskan langkah perawatan PC
6.2   Melakukan perawatan PC
6.3   Memeriksa hasil perawatan PC
6.4   Melakukan tindakan korektif.
7.  Melakukan instalasi sistem operasi berbasis graphical user interface (GUI) dan command line interface (CLI)
7.1   Menjelaskan langkah instalasi sistem operasi berbasis GUI (Graphical User Interface)
7.2   Melaksanakan instalasi sistem operasi berbasis GUI sesuai Installation Manual
7.3   Menjelaskan langkah instalasi sistem operasi berbasis command line interface (CLI)
7.4   Melaksanakan instalasi sistem operasi berbasis text sesuai Installation Manual.
8.  Melakukan instalasi software
8.1   Menjelaskan langkah instalasi software
8.2   Melaksanakan instalasi software sesuai Installation Manual
8.3   Mengecek hasil instalasi menggunakan software (sampling)
8.4   Melakukan troubleshooting.
9.  Melakukan instalasi perangkat jaringan lokal (Local Area Network)
9.1   Menentukan persyaratan pengguna
9.2   Membuat desain awal jaringan
9.3   Mengevaluasi lalu lintas jaringan
9.4   Menyelesaikan disain jaringan.
10.  Mendiagnosis permasalahan pengoperasian PC yang tersambung jaringan
10.1   Mengidentifikasi masalah melalui gejala yang muncul
10.2   Menganalisa gejala kerusakan
10.3   Melokalisasi daerah kerusakan
10.4   Mengisolasi permasalahan.
11.  Melakukan perbaikan dan/ atau setting ulang koneksi jaringan
11.1   Menjelaskan langkah persiapan untuk setting ulang koneksi jaringan
11.2   Melakukan perbaikan koneksi jaringan
11.3   Melakukan setting ulang koneksi jaringan
11.4   Memeriksa hasil perbaikan koneksi jaringan.
12.  Melakukan instalasi sistem operasi jaringan berbasis GUI (Graphical User Interface) dan Text
12.1   Menjelaskan langkah instalasi software
12.2   Melaksanakan instalasi software sesuai Installation Manual
12.3   Mengkonfigurasi jaringan pada sistem operasi
12.4   Mengecek hasil instalasi menggunakan software (sampling)
12.5   Melakukan troubleshooting.
13.  Melakukan instalasi perangkat jaringan berbasis luas (Wide Area Network)
13.1   Menjelaskan persyaratan WAN
13.2   Mengidentifikasi spesifikasi WAN
13.3   Membuat disain awal jaringan WAN
13.4   Mengevaluasi lalu lintas jaringan
13.5   Menyelesaikan disain jaringan.
14.  Mendiagnosis permasalahan perangkat yang tersambung jaringan berbasis luas (Wide Area Network)
14.1   Mengidentifikasi masalah melalui gejala yang muncul
14.2   Memilah masalah berdasarkan kelompoknya
14.3   Melokalisasi daerah kerusakan
14.4   Mengisolasi masalah
14.5   Menyelesaikan masalah yang timbul.
15.  Membuat desain sistem keamanan jaringan
15.1   Menentukan jenis jenis keamanan jaringan
15.2   Memasang firewall
15.3   Mengidentifikasi pengendalian jaringan yang diperlukan
15.4   Mendesain sistem keamanan jaringan.
16.  Melakukan perbaikan dan/ atau setting ulang koneksi jaringan berbasis luas (Wide Area Network)
16.1   Menjelaskan langkah persiapan untuk setting ulang koneksi jaringan
16.2   Melakukan perbaikan koneksi jaringan
16.3   Melakukan setting ulang koneksi jaringan
16.4   Memeriksa hasil perbaikan koneksi jaringan.
17.  Mengadministrasi server dalam jaringan
17.1   Memilih aplikasi untuk server
17.2   Memilih sistem operasi untuk jaringan
17.3   Memilih komponen server
17.4   Menetapkan spesifikasi server
17.5   Membangun dan mengkonfigurasi server
17.6   Menguji server
17.7   Memonitor kinerja jaringan.
18.  Merancang bangun dan menganalisa Wide Area Network
18.1   Mengkonfirmasi kebutuhan klien dan perangkat jaringan
18.2   Meninjau masalah keamanan
18.3   Memasang dan mengkonfigurasi produk dan perangkat gateway
18.4   Mengkonfigurasi dan menguji titik jaringan
18.5   Mengimplementasi perubahan.
19.  Merancang web data base untuk content server
19.1   Menentukan kebutuhan sistem
19.2   Menentukan prosedur recovery
19.3   Merancang arsitektur basis data
19.4   Mengklasifikasikan penggunaan basis data.




     3.    Multi Media (072)

STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
1.  Memahami etimologi multimedia
1.1   Mendeskripsikan tentang multimedia
1.2   Menjelaskan multimedia content production
1.3   Menjelaskan multimedia communication.
2.  Memahami alir proses produksi produk multimedia
2.1    Menjelaskan proses pre production multimedia
2.2    Menjelaskan proses production multimedia
2.3    Menjelaskan proses post production multimedia.
3.  Merawat peralatan multimedia
3.1   Menjelaskan langkah-langkah perawatan peralatan multimedia
3.2   Melakukan perawatan peralatan multimedia
3.3   Membuat kartu perawatan peralatan multimedia.
4.  Mengelola isi halaman web
4.1    Memeriksa informasi untuk relevansi dan currency
4.2    Memeriksa links dan navigasi
4.3    Mengedit informasi sesuai kebutuhan
4.4    Menguji dan memastikan perubahan perubahan.
5.  Menerapkan teknik pengambilan gambar produksi
5.1     Menjelaskan prosedur pengoperasian kamera video
5.2     Mengoperasikan kamera video
5.3     Mengisi dan merawat battery selama pengambilan gambar
5.4     Mengoperasikan kamera
5.5     Menata kabel-kabel kamera
5.6     Mengoperasikan clapper board.
6.   Menerapkan prinsip-prinsip seni grafis dalam desain komunikasi visual untuk multimedia
6.1   Menjelaskan kaidah estetika dan etika seni grafis (nirmana)
6.2   Membuat sketsa
6.3   Menggambar perspektif
6.4   Menggambar objek
6.5   Menggambar ilustrasi.
7.  Menguasai cara menggambar kunci untuk animasi
7.1   Menjelaskan syarat animasi
7.2   Membuat gambar kunci
7.3   Mengatur dan melengkapi gambar kunci.
8.  Menguasai cara menggambar clean-up dan sisip
8.1   Mendeskripsikan gambar yang asli
8.2   Membuat gambar-gambar asli
8.3   Mendeskripsikan gambar tiga dimensi
8.4   Membuat gambar tiga dimensi.
9.     Menguasai dasar animasi stop-motion (bidang datar)
9.1   Mendeskripsikan syarat-syarat animasi
9.2   Membuat model warna dan tempat warna.
10.  Menggabungkan teks kedalam sajian multimedia
10.1  Menggunakan software teks multimedia
10.2  Mendesain teks multimedia.
11.  Menggabungkan gambar 2D kedalam sajian multimedia
11.1  Mengedit gambar digital
11.2  Menggunakan software grafik multimedia 2D
11.3  Menciptakan design grafik Multimedia 2D
11.4  Menampilkan karya seni digital 2D.
12.  Menggabungkan fotografi digital kedalam sajian multimedia
12.1  Menggunakan kamera digital
12.2  Menggabungkan foto digital kedalam rangkaian Multimedia
12.3  Menciptakan susunan karya seni foto digital dan grafik 2D.
13.  Menggabungkan audio ke dalam sajian multimedia
13.1      Menjabarkan format audio digital
13.2      Menggunakan software audio digital
13.3      Merancang audio digital
13.4      Membangun track audio digital.
14.  Membuat story board aplikasi multimedia
14.1   Mengidentifikasi kebutuhan
14.2   Merencanakan alur isi story board
14.3   Medeskripsikan proses pelaksanaan dalam story board.
15.  Memahami cara penggunaan peralatan tata cahaya.
15.1   Menjelaskan dasar tata cahaya
15.2   Menjelaskan efek cahaya
15.3   Menyiapkan operasi lighting
16.  Menerapkan efek khusus pada objek produksi
16.1  Mengidentifikasikan materi penunjang efek khusus
16.2  Menginstallasi software efek khusus
16.3  Membuat efek khusus pada obyek.
17.  Menyusun proposal penawaran
17.1   Menganalisa syarat-syarat proyek
17.2   Mengidentifikasi keterampilan yang sesuai dengan persyaratan laporan
17.3   Membuat rancangan biaya biaya dan sumber sumber yang ada
17.4   Membuat proposal
17.5   Membuat pengajuan permohonan tender.

0 komentar:

Posting Komentar