Kamis, 15 Maret 2018

Industri Mulai Ikut serta dalam Revitalisasi Pendidikan Vokasi


industri mempunyai peranan besar untuk perbaikan kualitas pendidikan vokasi di Tanah Air. Pada 2018 ini, pemerintah membidik 42 SMK yang diutamakan untuk direvitalisasi. 

Menteri Pendidikan serta Kebudayaan (Mendikbud), Muhadjir Effendy, mengungkap kalau revitalisasi pendidikan vokasi di sekolah menengah kejuruan (SMK) ikut menggandeng Kementerian Perindustrian. Paling tidak, telah ada kesepakatan hubungan kerja pada 117 perusahaan dengan 393 SMK di Propinsi Jawa Tengah. 
Bekas Rektor Kampus Muhamamdiyah Malang (UMM) itu mengatakan, revitalisasi juga akan diperkuat dengan peranan guru lewat program ketrampilan ganda serta lakukan pemberdayaan karyawan dari DUDI yang memiliki pengalaman. 

" Kita miliki tujuan s/d 2019 mempunyai 91 ribu guru SMK. Ini dapat kita kerjakan dengan program ketrampilan ganda serta pemberdayaan karyawan dari DUDI yang memiliki pengalaman, tetapi telah tidak bekerja sekali lagi, " ucapnya. 

Pemberdayaan karyawan dari DUDI ini, papar Mendikbud, sebelumnya masuk dalam sistem belajar mengajar di sekolah terlebih dulu diberi pembekalan untuk memperoleh sertifikasi mengajar. Sedang untuk guru SMK juga akan di beri kursus dengan memberangkatkan mereka ke negara maju di bagian industri. 

" Sejumlah 16 guru SMK juga akan diberangkatkan ke Prancis. Bila beberapa karyawan DUDI juga akan disekolahkan terlebih dulu supaya layak serta memperoleh sertifikasi mengajar
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar