Kamis, 15 Maret 2018

Hadapi MEA, SMK Diinginkan Bekali Kekuatan Mulai sejak Dini


Sekolah menengah kejuruan (SMK) diinginkan dapat menghadapi tantangan global berbentuk pasar bebas seperti Orang-orang Ekonomi ASEAN (MEA). Hal tersebut disebutkan kata Direktur Operasi PT ASABRI (Persero) Adiyatmika. 

" Karenanya sekolah menengah kejuruan (SMK) mesti menyiapkan siswa mulai sejak awal dengan memberi bekal pendidikan serta ketrampilan yang ideal sesuai sama keperluan pasar, " tuturnya di SMK Tamansiswa Jetis Yogyakarta 
Diluar itu, kata Adiyatmika, siswa SMK harus juga bisa mengetahui potensi diri, memastikan maksud, tujuan, prioritas, memiliki komitmen serta disiplin, yakin diri, tidak mudah menyerah, mempunyai determinasi serta ketekunan, cinta Tanah Air, serta berbudi pekerti. 

Menurutnya, pembekalan ketrampilan pendidikan vokasi mesti komplit serta mencukupi dengan di dukung fasilitas serta prasarana dan perlengkapan praktek yang lengkap supaya peserta didik memiliki ketrampilan yang berdaya saing. 

" Pendidikan vokasi harus juga mempunyai tujuan, umpamanya tingkat pertama mesti bisa buat product simpel, lalu pada tingkat setelah itu mesti bisa hasilkan product yang lebih mutakhir, " tuturnya. 

Dengan hal tersebut, kata dia, mereka juga akan memiliki ketrampilan dengan utuh untuk lakukan pekerjaan yang ditelateni sepanjang sekolah. Jadi, pembekalan ketrampilannya tidak sepotong-potong. 

" Bila pembekalan ketrampilannya sepotong-potong, mereka tidak bisa wujudkan pekerjaan yang ditekuninya dengan baik. Pembekalan yang dikerjakan bertahap serta utuh dan bersertifikasi juga akan memberi hasil baik serta sesuai sama keinginan, " tuturnya. 

Ia menyebutkan pendidikan vokasi di Indonesia telah bagus namun masih tetap membutuhkan support fasilitas serta prasarana praktek yang komplit serta mencukupi supaya peserta didik bisa mengimplementasikan pengetahuan yang didapat. 

" Bila teori saja belum juga cukup, mesti di dukung infrastruktur praktek yang komplit. Dengan hal tersebut, peserta didik juga akan mempunyai ketrampilan yang ideal serta sesudah lulus memperoleh peluang bekerja semakin banyak,
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar