Senin, 30 Oktober 2017

Jaga Keragaman, Hayati Makna Lagu Indonesia Raya ungkap Mendikbud

Jaga Keragaman, Hayati Makna Lagu Indonesia Raya ungkap  Mendikbud
Peringatan hari Sumpah Pemuda ke-89 disemarakkan Kementerian Pendidikan serta Kebudayaan (Kebudayaan) dengan mengadakan konser akbar lagu Indonesia Raya tiga stanza di Aula Simfonia, Kemayoran, Jakarta, Sabtu (28/10). Mendatangkan alumni gabungan nada serta orkestra Gita Bahana Nusantara (GBN), aktivitas yang diadakan Direktorat Jenderal (Ditjenbud) ini mempunyai tujuan untuk menggelorakan nasionalisme generasi muda. 

Sampai kini orang-orang mengetahui lagu Indonesia Raya cuma satu stanza, walau sebenarnya syair pada stanza ke-2 serta ke-3 penting juga untuk di ketahui, dipahami serta dihayati. Arti syair lagu Indonesia Raya, menurut Menteri Pendidikan serta Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy, sebaiknya bisa diresapi hingga menumbuhkan rasa cinta pada tanah air serta bangsa. 

" Melindungi keanekaragaman yang mengagumkan ini tidak gampang. Jadi, tak ada alternatif lain untuk menanamkan kecintaan pada tanah air, pada keberagaman Indonesia, mulai sejak awal serta dengan terus-terusan, " di sampaikan Mendikbud. 

Kemendikbud mengajak orang-orang untuk mengambil serta mengetahui bermacam versus lagu kebangsaan Indonesia Raya tiga stanza bersama partiturnya lewat situs laguindonesiaraya. id. Terkecuali versus unisono, ada juga versus piano, simphoni, serasi, serta fanfare. Terkecuali type audio, orang-orang dapat juga mengambil lagu kebangsaan berbentuk video. 

Direktur Jenderal Kebudayaan (Dirjenbud) Hilmar Farid mengatakan aktivitas sosialisasi lagu Indonesia Raya tiga stanza adalah langkah mengingatkan kembali mengenai perjalanan lagu kebangsaan Indonesia Raya yang di ciptakan oleh pemuda pejuang Wage Rudolf Supratman. " Mungkin saja banyak dari yang belum juga mengerti lagu kebangsaan kita terbagi dalam tiga stanza, karna punya kebiasaan menyanyikan satu stanza, " lapor Hilmar. 

Alumni gabungan nada serta orkestra Gita Bahana Nusantara terbagi dalam 300 orang yang datang dari beragam lokasi nusantara. Beberapa alumni GBN yang datang dari th. 2011 s/d 2017 siang hari ini beberapa besar kenakan baju kebiasaan dari daerah aslinya semasing. Nuansa kebinekaan tercermin dalam konser akbar yang diadakan Direktorat Kesenian Kemensikbud. 

Dalam konser spesial siang hari ini, alumni GBN di pimpin Sapta Ksvara Kusbini dengan konduktor pendamping Surtihadi, dan ikut disemarakkan tampilan Virzha serta Nowela alumni Indonesian Idol. 

Sosialisasi Lagu Indonesia Raya Tiga Stanza 

Dorongan untuk menggelorakan kembali nasionalisme di kelompok generasi muda melatarbelakangi aktivitas perekaman ulang lagu Indonesia Raya tiga stanza oleh Gita Bahana Nusantara di studio Lokananta, Solo, th. 2017. 

" Aktivitas perekaman ulang lagu Indonesia Raya tiga stanza oleh Gita Bahana Nusantara ini ditujukan untuk memperkuat jati diri serta ciri-khas kebangsaan generasi muda, " tutur Dirjen Hilmar Farid. 

Dalam beragam peluang sering lagu Indonesia Raya dinyanyikan atau dibawakan tidak cocok dengan ketentuan atau aturan yang berlaku. Diluar itu, banyak yang menyanyikan syair, menghadirkan sikap tubuh serta langkah memimpin menyanyikan lagu kebangsaan dengan kurang pas. Pergi dari hal itu, Kemendikbud melakukan sosialisasi lagu kebangsaan Indonesia Raya ke beragam pemangku kebutuhan pendidikan serta kebudayaan. 

Sesuai sama Undang-Undang Nomor 24 Th. 2009 mengenai Bendera, Bhs, serta Simbol Negara dan Lagu Kebangsaan, pasal 59 ayat (2) mengatakan lagu kebangsaan bisa diperdengarkan serta/atau dinyanyikan dalam rangkaian program pendidikan serta pengajaran. 

Haryono, Deputi Advokasi Unit Kerja Presiden bagian Pemantapan Ideologi Pancasila (UKP-PIP) menyongsong baik gagasan Kemendikbud untuk menyosialisasikan lagu Indonesia Raya tiga stanza. Diharapkannya ke depan lagu Indonesia Raya tiga stanza bukan sekedar disosialisasikan pada kelompok pelajar serta pendidik saja, tetapi juga ke beragam kelompok. Karenanya, UKP-PIP juga akan mendorong penguatan sosialisasi lagu kebangsaan seperti di ciptakan serta sempat dipakai jadi lagu perjuangan. 

" Saya sepakat dengan imbauan pak menteri tidak untuk menyanyikan lagu Indonesia Raya dengan sepotong-sepotong, " tutur Haryono.

Sumber: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar