Selasa, 08 Agustus 2017

Masjidil Haram Menyediakan Skutik untuk Sa'i dan Tawaf

 Kabar baik bagi jemaah haji. Mulai musim haji tahun 2017, Masjidil Haram menyediakan motor skutik untuk memudahkan jemaah melaksanakan sai dan tawaf. Motor skutik ini ditujukan bagi mereka yang ingin lebih cepat melakukan prosesi tawaf dan sai.

"Motor skutik ini merupakan terobosan baru yang diberikan oleh Masjidil Haram," ujar Kepala Satuan Operasi Armina, Kolonel Jaetul Muchlis, Jumat 4 Agustus 2017.


 
Berdasarkan pantauan tim Media Center Haji (MCH) 3017, motor skutik ini sudah banyak digunakan para jemaah. Tidak hanya bagi lansia, namun motor skutik banyak digunakan orang dewasa. Tapi kendaraan ini juga bisa dioperasikan oleh anak-anak.

Skutik untuk sai dan tawaf di Masjidil Haram

Terminal motor skutik ini tersedia di atas area Bukit Mareah yang berada antara lantai 2 dan 3.  Ada dua jenis motor skutik yang bisa disewa jemaah.

Pertama, motor skutik dengan kapasitas 1 seat dengan harga 100 Riyal atau Rp350.000. Kedua, motor skutik dengan kapasitas 2 seat atau kursi bersebelahan. Harga yang ditawarkan adalah 200 Riyal atau Rp700.000.

Areal motor skutik berwana hijau ini merupakan tempat khusus. Jadi tidak akan lalu lalang bersamaan dengan jemaah yang biasanya melakukan sai di lantai bawah.

Pengopersian skutik dengan empat roda kecil ini juga cukup mudah. Kecepatan maksimal 20 km per jam. Pada bagian stir ada bagian seperti rem sepeda motor. Bila tuas sebelah kanan dimajukan makan motor akan jalan dan bila ditekan akan berhenti atau mengerem.

Sementara bagian tuas kiri berfungsi untuk memundurkan motor. Bila dimajukan akan mundur dan bila ditekan akan mengerem atau untuk menghentikan laju motor. (mus)
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar