Selasa, 08 Agustus 2017

Jejak Gua Persembunyian di Jabal Tsur

 Jabal Tsur adalah salah satu gunung yang memiliki nilai sejarah dalam Islam. Terletak sekitar 6 kilometer di sebelah selatan Masjidil Haram, Mekah.

Rasulullah SAW dan Abu Bakar Assiddiq pernah bersembunyi di gunung tersebut. Saat itu, Rasulullah hendak hijrah ke Madinah.


 
Menurut riwayat, setelah selamat dari kepungan kaum kafir Quraisy, Rasulullah menyambangi kediaman Abu Bakar. Dari rumah Abu Bakar, Rasulullah berlindung dan sekaligus bersembunyi di Jabal Tsur selama tiga hari.

Sebagian orang-orang kafir Quraisy sempat sampai di Gua Tsur. Namun, gua itu tertutup dengan sarang laba-laba. Tampak pula seekor burung Merpati tengah bertelur di sarangnya.

Orang-orang kafir Quraisy pun beranggapan, Rasulullah tidak mungkin bersembunyi di gua tersebut. Padahal, saat itu, Abu Bakar cukup cemas jika orang-orang kafir Quraisy itu menemukan keberadaan Rasulullah.

Untuk masuk di gua itu cukup sulit. Harus dengan cara merangkak, dan setelah masuk dalam gua, hanya cukup ruangan untuk duduk. 

Perjalanan mendaki hingga sampai di Gua Tsur itu diperlukan waktu sekitar 1,5 jam. Dibutuhkan stamina yang prima untuk bisa mendaki hingga ke lokasi gua itu. 

Selama prosesi haji di Mekah, Gua Tsur sering menjadi lokasi untuk dikunjungi. Selain Gua Tsur, jemaah haji biasanya juga mengunjungi Gua Hira di Jabal Nur. Di Gua Hira, Nabi Muhammad SAW menerima wahyu yang pertama, yaitu surat Al ‘Alaq ayat 1-5.

0 komentar:

Posting Komentar