Senin, 07 Agustus 2017

Bennu, Jemaah Haji Makassar yang Berumur Seabad

 Bennu Labehu Hanreng (102 tahun), menjadi calon jemaah haji tertua di embarkasi Makassar. Ia berasal dari Kota Parepare, Sulawesi Selatan.

Ia tercatat mendaftarkan diri sebagai calon jemaah haji sejak delapan tahun lalu, tepatnya pada 2009 lalu. Kakek Bennu mengaku sudah lupa tanggal dan bulan lahirnya. Namun berdasarkan KTP, Ia tercatat lahir 1 Januari 1915.


 
Soal biaya naik haji, kata dia, delapan anaknya yang turut membantu pembiayaannya. Sehari-hari, sebelum anaknya berkarier, ia mengaku bekerja sebagai penggarap sawah di kampung halamannya. 

"Mereka (anak-anak Kakek Bennu) sudah kerja semua. Ada yang pekerja kantor, guru, tentara. Ada juga cucu saya yang jadi dosen," kata Bennu kepada VIVA.co.id di Asrama Haji Sudiang Makassar, Kamis, 3 Agustus 2017.

Tangan Kakek Bennu tampak bergetar saat menggenggam tangan petugas kesehatan yang mengantarnya saat hendak memeriksa riwayat kesehatan. Meski begitu, ia mengakui kuat dan tetap bisa melaksanakan ibadah haji di Tanah Suci. 

"Insya Allah saya sanggup nak. Doakan," ujarnya.

Ia menceritakan, dirinya rutin memakan buah-buahan untuk menjaga kesehatannya. Ia mengaku sudah tidak sanggup untuk makan makanan bertekstur keras seperti daging. 

"Iya, kami ini sudah tua nak. Tinggal di rumah saja, jalan keluar rumah sudah tidak sering. Makan biasa bubur sama buah-buah," tuturnya.

Berdasarkan penjelasan petugas medis kesehatan Kota Parepare, dari hasil pemeriksaan, Bennu tidak memiliki riwayat penyakit. Ia pun telah lulus dari tes kesehatan. 

"Tidak ada riwayat penyakit. Kesehatannya baik, cuma usila (usia lanjut)," ucap Andi Nurpati, seorang petugas kesehatan jemaah haji asal Parepare. 

Bennu masuk dalam kloter sembilan pemberangkatan embarkasi Makassar. Saat ini, Kakek Bennu telah masuk di aula pemberangkatan. (ase)
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar