Selasa, 03 September 2013

KOMPONEN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Komponen RPP












RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan   : Sekolah Menengah Kejuruan
Kelas/Semester     : X / I
Mata Pelajaran       : Sejarah Indonesia
Topik                           :
Alokasi Waktu         :
Pertemuan ke-       :


A.        Kompetensi Inti        
1.          Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.          Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan,  gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan pro-aktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.          Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual,prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.          Mengolah,  menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B.         Kompetensi Dasar
1.1      Menghayati keteladanan para pemimpin dalam mengamalkan ajaran agamanya
1.2      Menghayati keteladanan para pemimpin dalam toleransi antar umat beragama dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari
2.1      Menunjukkan sikap tanggung jawab, peduli terhadap berbagai hasil budaya pada masa pra aksara, Hindu-Buddha dan Islam
2.3      Berlaku jujur dan bertanggung-jawab dalam mengerjakan tugas-tugas dari pembelajaran sejarah
3.7    Mengidentifikasi karakteristik kehidupan masyarakat, pemerintahan dan kebudayaan pada masa kerajaan-kerajaan Hindu-Buddha di Indonesia dan menunjukkan contoh bukti-bukti yang masih berlaku pada kehidupan masyarakat Indonesia masa kini ( KD Yang akan dibahas )
4.4      Menyajikan hasil analisis dalam bentuk tulisan tentang nilai-nilai dan unsur budaya yang berkembang pada masa kerajaan Hindu-Budda dan masih berkelanjutan dalam kehidupan bangsa Indonesia pada masa kini
C.         Indikator Pencapaian Kompetensi 
1.          Menunjukkan nilai-nilai syukur pada ciptaan Tuhan YME berupa peninggalan hasil budaya masa Hindu-Buddha di Indonesia
2.          Menunjukkan nilai-nilai toleransi antar umat beragama dengan saling menghargai peninggalan hasil budaya masa Hindu-Buddha di Indonesia
3.          Menunjukkan sikap tanggung jawab terhadap peninggalan hasil budaya Hindu-Buddha di Indonesia
4.          Menunjukkan sikap peduli terhadap peninggalan hasil budaya Hindu-Buddha di Indonesia
5.          Menunjukkan sikap jujur dalam mengerjakan tugas-tugas dari pembelajaran sejarah
6.          Menunjukkan sikap tanggungjawab dalam mengerjakan tugas-tugas dari pembelajaran sejarah
7.          Indikator sesuai dfengan KD Yang akan dibahas
                                                       
D.        Tujuan Pembelajaran
         Melalui diskusi, mengamati dan membaca referensi siswa dapat:
1.          Menunjukkan sikap tanggung jawab terhadap peninggalan hasil budaya masa Hindu-Buddha di Indonesia
2.          Menunjukkan sikap peduli terhadap peninggalan hasil budaya Hindu-Buddha di Indonesia
3.          Menunjukkan sikap jujur dalam mengerjakan tugas-tugas dari pembelajaran sejarah
4.          Menunjukan sikap tanggung jawab dalam mengerjakan tugas-tugas dari pembelajaran sejarah
5.          Sesuai KD yang akan dibahas
6.          Melaporkan bentuk kehidupan masyarakat, pemerintahan dan kebudayaan  pada masa  kerajaan-kerajaan Hindu-Buddha di Indonesia

E.         Materi Ajar
Tulis sesuai dengan materi pokok Tujuan Pembelajan

F.         Pendekatan, Strategi dan Metode Pembelajaran
Pendekatan: Saintifik
Strategi         : CooperativeJigsaw
Metode        : Pilih dari 3 ( Problem based learning, Project BL,Discovery Learning )

G.       Kegiatan Pembelajaran /Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi waktu
Pendahuluan
·          


10 menit
Inti
·         Mengamati

·         Menanya

·         Menalar

·         Mencoba

·         Membuat Jejaring


60 menit
Penutup
·          
20     enit

H.Media Pembelajaran

1.           Sumber Belajar


j.           Penilaian Hasil Belajar
         Penilaian Autentik  
a.      Tes
1.     Uraian (terlampir)
2.     Pilihan Ganda (terlampir)

b.     Non Tes
1.          Lembar pengamatan kerja kelompok (terlampir)
2.          Lembar pengamatan presentasi (terlampir)
3.          Membuat makalah  (kriteria penilaian terlampir)




H.        Sumber Belajar :




Mengetahui,                                                                                                                      ,                               2013      
Kepala Sekolah,                                                                                                                Guru Mapel,




(                                              )                                                                                              (                                              )
NIP.                                                                                                                                       NIP.




LAMPIRAN-LAMPIRAN;
1.Gambar  tayangan  ( Kalau ada )
2.Materi Pembelajaran
3. Soal / dengan kunci jawaban dan penilaian
4. Lembar penilaian diskusi
Lembar Pengamatan

Rubrik kegiatan Diskusi
No.
Nama Siswa
A s p e k  P e n g a m a t a n
Jumlah
Skor
Nilai
Ket.
Kerja sama
Meng-
komunika
sikan pen-dapat
Toleransi
Keaktifan
Menghargai pendapat teman









































Keterangan Skor :                                                               
Masing-masing kolom diisi dengan kriteria
4                          = Baik Sekali
3                          = Baik
2                          = Cukup
1 = Kurang
                                    ∑ Skor perolehan
Nilai     =                                             X  100
                                    Skor Maksimal (20)                                            
             Kriteria Nilai
             A   =                      80 – 100                    :                                       Baik Sekali      
             B    =                      70 – 79                      :                                       Baik
             C    =                      60 – 69                      :                                       Cukup
             D   =                      ‹ 60                             :                                       Kurang




Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar