Jumat, 27 Oktober 2017

Mengistimewakan Literasi, Siswa SMAN 11 Kota Jambi Bikin Kursi Khusus

Mengistimewakan Literasi, Siswa SMAN 11 Kota Jambi Bikin Kursi Khusus
Pendidikan kewirausahaan jadi satu diantara konsentrasi pada Kurikulum 2013, terutama untuk tahap pendidikan menengah atau sederajat. Hal semacam ini juga diaplikasikan oleh Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 11 Kota Jambi. Sekolah rintisan pelaksana Kurikulum 2013 mulai sejak awal itu mengajarkan siswanya untuk berkreasi dalam buat suatu hal barang yang bermanfaat serta mempunyai nilai jual. 

Satu diantara karya siswa kelas XII SMAN 11 Kota Jambi yaitu kursi serta meja yang memiliki bahan basic ban sisa. Ban sisa itu dibungkus dengan kain bermotif hingga tampak cantik serta menarik. Sekilas akan tidak terlihat kalau kursi-kursi itu terbuat dari ban sisa. Rasa membal yang diakibatkan waktu kursi ini diduduki, tidak kalah empuknya dengan sofa yang di jual di beberapa toko perabotan rumah tangga biasanya. 

Swit Hermita Irianti, satu diantara guru pendidikan kewirausahaan di SMAN 11 Kota Jambi menyebutkan, anak didiknya memakai barang sisa jadi bahan baku dalam buat karya. Pemakaian barang sisa ini pasti memberi edukasi pada peserta didik. Bahan baku yang ada di sekitar mereka bisa digunakan hingga semangat berkreasi siswa selalu berkembang. 

" Memanglah kami tujukan memakai barang sisa supaya bisa menghimpit cost (cost produksi, -), " tutur Swit waktu diwawancarai di SMAN 11 Kota Jambi, Kamis (26/10/2017). 

Kursi serta meja karya siswa itu ditempatkan berjajar dimuka sebagian ruangan kelas di SMAN 11 Kota Jambi. Uniknya, kursi-kursi itu tidak bisa diduduki oleh sembarang orang. Peringatan " Dilarang Duduk Terkecuali Literasi " terpasang jadi pemberi tanda kursi ini cuma bisa diduduki oleh orang yang tengah membaca. 

Hal tersebut dibenarkan oleh Hafrial, Wakil Kepala Sekolah Bagian Kesiswaan SMAN 11 Kota Jambi. Teguran juga akan diberi apabila ada yang didapati duduk di kursi-kursi itu cuma untuk mengobrol atau sebatas bersantai saja. 

Literasi selalu digalakkan di SMAN 11 Kota Jambi ini. Sekurang-kurangnya, 3x dalam satu minggu, siswa diharuskan membaca buku sepanjang 20 menit sebelumnya mulai aktivitas belajar. " Buku yang di baca dapat yang disiapkan sekolah, dapat pula dibawa sendiri oleh siswa, " lebih Hafrial. 

Karya siswa SMA 11 Kota Jambi yang lain dalam pendidikan kewirausahaan salah satunya yaitu pot bunga dari ban sisa, tempat tisu dari kain perca, tempat air mineral gelas yang terbuat dari gelas teh paket, serta yang lain.

Sumber: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar