Kamis, 26 Oktober 2017

Mengenang Tokoh Pejuang Wanita Tiga Zaman, Emma Poeradiredja

Mengenang Tokoh Pejuang Wanita Tiga Zaman, Emma Poeradiredja
Museum Sumpah Pemuda mengadakan Pameran Tokoh Sumpah Pemuda ”Emma Poeradiredja”, untuk memperingati Hari Sumpah Pemuda yang diperingati tiap-tiap tanggal 28 Oktober. Pameran ini di gelar mempunyai tujuan untuk kembali kenang tokoh pejuang wanita tiga jaman, Emma Poeradiredja. 

" Kita mengangkat tokoh wanita Emma Poeradiredja yang yaitu tokoh Sumpah Pemuda, " kata Kepala Museum Sumpah Pemuda, Huriyati, pada pembukaan pameran di Museum Sumpah Pemuda, Jakarta, Kamis (26/10/2017). 

Menurut Huriyati, Emma tidak cuma tokoh yang turut ada dalam Kongres Pemuda. Emma adalah tokoh wanita yang gencar memperjuangkan hak wanita untuk memperoleh pendidikan serta kesejahteraan yang layak. 

Hal seirama juga disibakkan Kepala Subdirektorat Geografi, Direktorat Histori, Kementerian Pendidikan serta Kebudayaan, Agus Widiatmoko. “Tokoh Emma Poeradiredja adalah tokoh pejuang wanita tiga jaman tidak dapat dilepaskan dari histori bangsa Indonesia. Beliau adalah tokoh pejuang mulai sejak jaman Kebangkitan Nasional, Sumpah Pemuda, serta Proklamasi Kemerdekaan Indonesia sudah memberi gerakan perjuangan kebangsaan, ” katanya. 

Agus menjelaskan, mulai sejak masa penjajahan Belanda, Emma Poeradiredja telah aktif dalam aktivitas politik. Pada th. 1938 ia dipilih jadi wanita pertama sebagai Anggota Dewan Kota Bandung. Lalu th. 1939 memimpin organisasi Pasundan Istri (PASI). Pada th. itu juga, Emma juga bertindak jadi penggagas undang-undang perkawinan membuat perlindungan kaum hawa. 

Acara pembukaan pameran di hadiri oleh keluarga Emma Poeradiredja serta siswa SMA/SMK, dan mahasiswa. “Acara ini begitu bagus ya, karna memberi saya pikiran penambahan mengenai tokoh pejuang wanita yang berada di balik Sumpah Pemuda, ” ucap Ali, Mahasiswa Kampus Negeri Jakarta. 

Pameran Emma Poeradiredja juga akan berjalan sepanjang sebulan penuh, dari 26 Oktober 2017 sampai 26 November 2017, di Museum Sumpah Pemuda. Museum Sumpah Pemuda terdapat di Jalan Kramat Raya No. 106, Jakarta Pusat.

Sumber: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar