Selasa, 08 Agustus 2017

Tak Hanya Kesasar, Banyak Jemaah Bingung Melaksanakan Umrah

 Seiring terus bertambahnya jemaah haji yang tiba di Mekah, aktivitas jemaah di Masjidil Haram juga meningkat. Sejak malam pada kedatangan pertama, jemaah mulai melaksanakan umrah.

Dari pantauan tim Media Center Haji (MCH) di Masjidil Haram, tidak sedikit jemaah yang tersasar karena tidak ingat jalan keluar masjid yang sama saat dia masuk.


Kebanyakan adalah jemaah lanjut usia. Keadaan ini bahkan membuat petugas pelindung jemaah (linjam) yang jumlahnya terbatas mulai kewalahan. Padahal jumlah jemaah belum terlalu banyak.

Menurut Sekretaris Daker Mekah, Suratman, antisipasi petugas minim di Haram memang telah dikoordinasikan sejumlah pihak terkait. Saat ini sedang dipertimbangkan untuk mengerahkan 439 petugas di sektor untuk diperbantukan guna memperkuat petugas linjam di sektor khusus Masjidil Haram yang personelnya hanya 22 orang.

"Kami perbantukan, tapi bukan permanen. Akan bergantian untuk membantu di Haram. Kami sudah koordinasikan dengan linjam, dan targetnya dalam waktu dekat," kata Suratma  di Daker Mekah, Senin, 7 Agustus 2017.

Suratman mengatakan seluruh kepala sektor telah diperintahkan memilih personelnya untuk diperbantukan di Masjidil Haram.

Tidak hanya jemaah tersasar, tidak sedikit juga jemaah yang masih kebingungan mengenai ibadah mereka di Masjidil Haram. Terutama prosesi umrah, dari mulai Tawaf sampai Sa’i. Setelah keluar Masjidil haram, masih saja ada jemaah yang lupa melaksanakan tahalul. Bahkan ada dari mereka yang telah sampai pemondokan juga belum melakukan tahalul.

"Kami akan optimalkan ketua kloter. Untuk berkoordinasi dengan ketua rombongan selama berada di Arab Saudi, tidak hanya di Haram, tetapi juga Arafah," katanya. (ase)

0 komentar:

Posting Komentar