Jumat, 11 Agustus 2017

Mantan Presiden Israel Shimon Peres Meninggal Dunia

 Mantan Presiden Israel Shimon Peres meninggal dunia di Sheba Medical Centre, Tel Aviv, ibu kota Israel, akibat penyakit stroke yang dideritanya. Ia wafat dalam usia 93 tahun.

Melansir situs Independent, Rabu, 28 September 2016, pengumuman kematian Peres dikeluarkan pada pukul 03.40 pagi waktu setempat. Selanjutnya, pernyataan dari pihak keluarga Peres akan segera keluar.


 
Sebelumnya, Peres telah dirawat di rumah sakit sejak 13 September. Meski awalnya dinyatakan stabil, namun teman almarhum mantan Presiden Abdurrahman Wahid ini masih menjalani perawatan medis.

Pada Januari tahun ini, Peres dua kali dibawa ke rumah sakit akibat gangguan jantung. Peres dikenal sebagai arsitek Perjanjian Damai Oslo 1993 di Camp David, AS.

Karena itu, ia diganjar Nobel Perdamaian pada 1994 bersama Perdana Menteri Israel, Yitzhak Rabin, yang tewas dibunuh setahun kemudian.

Sebelum menjadi Presiden Israel (2007-2014), Peres pernah menjabat sebagai Perdana Menteri sebanyak dua kali. Ia merupakan salah satu tokoh pendiri negara Israel.
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar