Selasa, 08 Agustus 2017

Arab Saudi Sediakan Tenda dan Karpet Baru di Arafah

  Pemerintah Arab Saudi melalui Muassassah al-Muthawif Asia Tenggara memastikan akan memberikan pelayanan terbaik baik jemah haji Indonesia. Pelayanan khususnya saat pelaksanaan di Arafah, Mina dan Muzdalifah atau Armina.

Wakil Kepala Muassasah al-Muthawif Asia Tenggara, Yousif A Jaha yang ditemui tim Media Center Haji beberapa waktu lalu mengatakan, secara umum akan banyak peningkatan pelayanan yang diberikan untuk jemaah pada musim haji tahun ini.

“Tahun ini akan banyak perubahan (pelayanan), jemaah akan melihat dan merasakan sendiri,” katanya setelah menggelar rapat koordinasi dengan Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi di Mekah.

Menurut pria berdarah Serang, Banten itu, perbaruan pelayanan dilakukaan terhadap tenda-tenda untuk keperluan wukuf di Arafah, pemasangan alat pendingin udara di beberapa titik yang bisa menyemprotkan air untuk mengantisipasi cuaca panas ekstrem. Semuanya telah disiapkan dan akan difungsikan pada waktunya. “Pengadaan fasilitas ini belajar dari pengalaman tahun-tahun lalu,” katanya.

Perbaikan pelayanan juga untuk menyikapi banyaknya jemaah haji Indonesia yang masuk dalam kategori risiko tinggi (risti). Sebanyak 12 ribu karpet baru disediakan untuk jemaah haji selama berada di Muzdalifah. “Insya Allah kami akan berikan yang terbaik bagi jemaah haji,” katanya.

Kepala PPIH Daker Mekah, Nasrullah Jasam yang ditemui tim Media Center Haji Rabu pagi, 2 Agustus 2017  menyampaikan, tantangan besar pelaksanaan haji tahun ini adalah kembalinya kuota ke porsi normal.

Kuota Indonesia normal menjadi 221 ribu jemaah haji. Penambahan ini harus dikoordinasikan segera dengan berbagai stakeholder, terutama dari pemilik maktab. Tiap sektor ada tujuh hingga delapan maktab untuk menyamakan persepsi operasional haji 2017. “Seperti soal tanazul, jadwal lempar jamarat, dan lainnya,” katanya. (mus)

Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar