Kamis, 27 April 2017

Pada Juli Kemdikbud membuka Pendaftaran Guru Produktif SMK



Kementerian Pendidikan serta Kebudayaan (Kemendikbud) selekasnya buka pendaftaran guru ketrampilan ganda gelombang II pada Juli 2017 yang akan datang. Guru ketrampilan ganda adalah guru adaptif yang juga jadi guru produktif di SMK.


“Juli bakal kerjakan pendaftaran lagi untuk mencari 15 ribu lagi. Mudah-mudahan tidak ada bocor (kurang dari 15 ribu), ” kata Dirjen Guru serta Tenaga Kependidikan (GTK) Kemendikbud Sumarna Surapranata di Kemendikbud, Senayan, Jakarta, Kamis (27/4). 

Ia menerangkan, pendaftaran guru ketrampilan ganda untuk penuhi keperluan 91. 861 guru produktif untuk SMK. Pada 2016, pemerintah buka pendaftaran guru ketrampilan ganda sebesar 15 ribu. 

Awalannya, sejumlah 16. 487 guru mendaftar lewat daring. Sejumlah 15. 170 guru di terima serta diusulkan pada Presiden Joko Widodo (Jokowi). Tetapi, sejumlah 998 mengundurkan diri dengan beragam jenis argumen. 

Hingga, cuma 14. 172 guru yang di panggil untuk memperoleh pembekalan. Tetapi, cuma 12. 741 guru yang ikuti pembekalan serta di tandatangani pakta integritas. “Ada yang mengundurkan diri. Argumenya beberapa macam, takut tunjangan profesi dicopot, banyak informasi itu dibelokkan, ” tutur Pranata. 

Walau sebenarnya, ia berujar, guru bisa penuhi jam mengajar dengan jadi guru produktif. Juga sepanjang ikuti kursus program ketrampilan ganda sepanjang satu tahun, peserta guru memperoleh insentif. Terkecuali, guru bisa memakai ketrampilannya untuk beragam kesempatan. 

Pranata memerinci, jumlah guru sekolah menengah atas yaitu 291. 229 orang, sesaat tahap SMK, yaitu 247. 503 orang. Hingga, pemerintah tak perlu alami kecemasan kekurangan guru adaptif. Sebab, ia menyebutkan, pemerintah alami jumlah guru adaptif yang cukup ideal. Tetapi, sampai kini permasalahannya yaitu penyebaran yang belum rata. 

Pranata menyampaikan Direktorat Jenderal GTK tengah memperhitungkan untuk terima guru SMA untuk jadi guru produktif di SMK. Menurut dia, semestinya hal semacam itu tak jadi permasalahan. Juga di SMA, sampai kini alami keunggulan guru. “Juli guru daftar baru. Tiap-tiap th. ada 15 ribu. Tiap-tiap sekolah tidak permasalahan berapakah yang turut, asal dapat aturnya
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar